PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI STOIKIOMETRI BAGI SISWA KELAS X SMA TERBUKA DI SMA NEGERI 19 SURABAYA

  • PANJI ANDRIAN S

Abstract

Pendidikan dalam pelaksanaannya selama ini masih kurang dapat dijangkau oleh semua orang baik itu dalam segi ruang dan waktu utamanya pada jenjang SMA. Keterbatasanruang dan waktu dapat di atasi dengan variasi dan terobosan baru dalam dunia pendidikan yaitu dengan adanya SMA Terbuka untuk orang yang belum dapat mengikuti pendidikan. Pada pelaksanaannya SMA Terbuka mengalami kendala yaitu minimnya waktu tutorial tatap muka sehingga siswa harus menerima materi banyak dalam waktu yang singkat karena sistem pembelajaran di SMA Terbuka adalah sistem pembelajaran mandiri. Dengan adanya permasalahan tersebut maka adanya pengembangan mediaCAI (Computer Assisted Instruction)dengan model tutorial dapat mengatasi permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media CAI (Computer Assisted Instruction) bersifat interaktif, sesuai dengan konsep pembelajaran mandiri yaitu meminimalisir bantuan dari orang lain (guru).

Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan mediaCAI (Computer Assisted Instruction) adalah model pengembangan R & D (Research and Development) oleh Borg & Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji coba kelayakan mediaCAI (Computer Assisted Instruction) hasil pengembangan pada uji coba ahli media I dan II mendapat persentase sebesar 82,50% dan termasuk kategori sangat baik, sedangkan ahli materi I dan II menghasilkan 83,75%dengan kategori sangat baik, uji coba perorangan 97,60% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 87,80% kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa mediaCAI (Computer Assisted Instruction) dalam mata pelajaranKimia dinyatakan sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya tindakan untuk mengetahui keefektifan media CAI (Computer Assisted Instruction) pengembang menggunakan uji-t dengan d.b = N1 + N2 – 2 = 24 + 24 -2 = 46 dengan taraf kesalahan 5% (0,05), maka nilai t 0,05 harga t = 2,000 dan t-hitung adalah 2,941. t hitung lebih besar daripada t tabel (2,941 > 2,000) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima atau terbukti bahwa pengembangan mediaCAI (Computer Assisted Instruction) pada mata pelajaranKimia bagi siswa SMA Terbuka 19 Surabaya efektif untuk diterapkan.

The execution of education along this period less reached by all of the people for space and time factors, especially in Junior High School level. The limitation of space and time can be solved with new variation and innovation in education field that is the existence of SMA Terbuka for those people who have not joined the education. During the implementation in SMA Terbuka finds obstacle which is the minimum of face to face in tutorial time so the students must accept many materials in a short time since learning system in SMA Terbuka is independent learning system. Concerning to that problems, the development of media CAI(Computer Assisted Instruction) with tutorial model can overcome the problems in teaching and learning process. Learning by using media CAI(Computer Assisted Instruction) are interactive, suitable for independent learning concept which is decrease help from other people (teacher).

Development model that be used in developing media CAI(Computer Assisted Instruction) is R & D (Research and Development) by Borg & Gall. Data collection method that be used are interview and questionnaire. The data itself are both qualitative and quantitative. The result of advisability test of media CAI(Computer Assisted Instruction), the result of development media expert I and II got 82,50% and includes in very good category, while material expert I and II produced 83,75% with very good category, individual test got 97,60% with very good category, test in a small group got 87,80% very good category. It can be concluded that media CAI(Computer Assisted Instruction) in teaching Chemistry is suitable to be used in teaching and learning process.

While in order to know the effectiveness of media CAI (Computer Assisted Instruction) the developer uses t-test with d.b = N1 + N2 – 2 = 24 + 24 -2 = 46 with error 5% (0,05), so t-value 0,05 price t = 2,000 and t- is 2,941. t- is bigger than t table (2,941 > 2,000) hence Ho rejected and Ha accepted or proved that the development of media CAI (Computer Assisted Instruction) in Chemistry course for the students of SMA Terbuka 19 Surabaya is effective to be implemented.

Published
2015-12-11
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 14