PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN TENTANG PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROPINSI JAWA TIMUR

  • AHMAD SYAHIRUL BASYIR

Abstract

Abstrak

Penelitian yang dilakukan di Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Propinsi Jawa Timur dilatar belakangi dari kurang maksimalnya inovasi dan penggunaan media terbarukan dalam kegiatan sosialisasi bahaya narkoba / P4GN yang dilakukan staf kepada siswa SMA/SMK/sederajat di lingkup propinsi Jawa Timur terutama di Kota Surabaya khususnya.Penelitian didasarkan juga dengan hasil observasi dan wawancara nonformal kepada sasaran kegiatan sosialisasi bahwa kegiatan sosialisasi kurang efektif untuk sasaran dengan kelompok yang besar

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media komputer pembelajaran untuk siswa SMA/SMK/sederajatyang dikemas dalam bentuk aplikasi android yang dapat diunduh dan dilengkapi dengan bahan penyerta.

Pengembangan ini menggunakan model pengembanganResearch and Development R&D dalam Sugiyono yang dimodifikasi dan pengujiannya menggunakan desain uji cobaArief Sadiman, penggunaan model tersebut dikarenakan model lebih tepat dan efektif dengan langkah-langkah yang sistematis dengan pelaksanaan yang sederhana diintegrasikan dengan keakuratan desain uji coba pengembangan Arief Sadiman.

Pengembangan media ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh data lapangan.Pengambilan data dibuat menjadi tiga tahap yaitu validasi ahli materi dan ahli media kemudian uji coba perorangan dan uji coba kelompok besar.

Hasil uji validasi kelayakan mediaKomputer Pembelajaran ini berdasarkan hasil wawancara ahli materi mendapatkan persentasesebesar 100% (baik sekali), hasil wawancara ahli media mendapatkan persentase97,9% (baik sekali), hasil angket uji coba perorangan85,4% (baik sekali), dan hasil angket uji coba kelompok besar 83,5% (baik sekali. Berdasarkan hasil tese untuk menguji efektifitas media pada penggunaan media Komputer Pembelajaran diperoleh d.b = N-1 = 40-1 = 39 dengan taraf kesalahan 5% (0,05) adalah 2,022 dan t-hitung adalah 5,64. Apabila t-tabel < t-hitung, maka 2,022<5,64. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembang telah berhasil menghasilkan media Komputer Pembelajaran untuk siswa SMA/SMK/sederajat tentang P4GN ,Komputer Pembelajaranuntuk siswa SMA/SMK/sederajat materi P4GN layak digunakan danterdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media Komputer Pembelajarantentang P4GN terhadapefektifitas dan kinerjastaf di Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Propinsi Jawa Timur.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Komputer Pembelajaran, Android,BNN, P4GN.

Abstract

The Research who did by The Social Empowerment of National Department Narcotic in East Java Province caused by Lack of innovation and utilization media to prevent Narcotic danger (P4GN) who did by staff to student senior high school (SMA/SMK) in East Java Province area especially Surabaya city. The Research based on informal observation and interview to Social activity that the socialization was not effective forbiggroup target.

This Development purpose is to product a Learning media device to student senior high school (SMA/SMK) which packaged in android application that could be downloadable and equipped with study materials.

The development applied a model of Research Development (R n D) by Sugiyono which modification and proved by Design of Test run by Arief Sadiman, The application of that model is more effective and efficient with Systematic procedure and simple implementation which integrated by the Accuracy Design of Test Run development by Arief Sadiman.

This Media Development applied qualitative and quantitative data to get the real fact field data. The Data Retrieval made into three systematic step I.e. Expert material validation, Expert media validation and the test run to every person and test run to the big group.

The Validation product of Feasibility Computer Media Studying based on interview product by expert material who got 97,9% percentages (very good) , Question Form product by Expert media who got 85,4% (very good), and Question Form product of test Run by Big Group 83, 5 % (very good).

Based on Test run Product to prove the effectivity of media for Computer Media Studying application retrieved db.= N -1 = 40-1= 39, with error level 5% (0,05) is 2,022 and T -count is 5,64. When T-table < T- count, therefore 2,022 < 5, 64. So the conclusion is The Developer have been success to product Computer Media Studying for student senior high school (SMA/SMK) about P4GN, it’s worthy to applied and there is significant influence between Computer Media Studying Application to effectivity and staff Performance in The Social Empowerment of National Department Narcotic in East Java Province.

Key word: Development, Computer Media Studying, Android, BNN, P4GN.

 

Published
2016-01-12
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 40