PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH LISTENING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

  • DIAN RIZKI UTAMI

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara penulisan dan pengucapan dalam bahasa inggris pada mahasiswa semester 3 Prodi Pendidikan bahasa inggris di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Contohnya dalam penulisan tata bahasa tulis “going to”, tetapi dalam tata bahasa lisan menjadi “gonna”, hal tersebut membuat mahasiswa harus berlatih mendengarkan percakapan bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka. Mendengarkan bukan hanya proses mendengarkan pasif, tetapimahasiswa harus mampu menganalisis pengucapan kalimat dan intonasi dari sumber yang mereka dengarkan. Mendengarkan adalah salah satu aspek dasar yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris. Selama proses perkuliahan di kelas, dosen masih menggunakan modul dan lagu sebagai sumber belajar di dalam kelas. Tingkat kemampuan mahasiswa menerima materi juga bervariasi, dan beberapa mahasiswa juga bekerja di tempat lain, sehingga tidak mungkin untuk belajar maksimal dalam materi mendengarkan di kelas.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasiskan mobile learning pada mata kuliah listening yang layak dan efektif, serta dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester 3 prodi pendidikan bahasa inggris Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Model pengembangan mediayang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model Pengembangan "R & D" dari Borg dan Gall mulai dari tahap penelitian, pengumpulan data dan tahap implementasi.

Berdasarkan data persentase yang diperoleh dari wawancara kepada ahli materi 1 sebesar (90%), ahli materi 2 (100%), ahli media 1 (80%) dan ahli media 2 (90%). Uji coba perorangan (84,4%) termasuk ke dalam kategori baik sekali. Uji coba kelompok kecil (85,3%), uji coba kelompok besar (98,6%) termasuk ke dalam kategori baik sekali. Berdasarkanhasilanalisis data tersebutdapatdisimpulkanbahwa media mobile learning inilayakdigunakandalamkegiatanperkuliahanpadamatakuliah listeningdi program studipendidikanbahasainggrisUniversitas PGRI AdiBuana Surabaya.

Hasil penilaian efektifitas berdasarkananalisis datadiperolehhasilbahwathitunglebihbesardaripadahargattable (16,26>2,045), dapatdisimpulkanadanyaperbedaanantaranilai pre-testdanpost-test yang membuktikanbahwa media mobile learning yang dikembangkanefektifdigunakandalam kegiatanperkuliahanpadamatakuliah listeningdi program studipendidikanbahasainggrisUniversitas PGRI AdiBuana Surabaya.

Kata kunci: Pengembangan, mobile learning, mendengarkan.

This Research conducted to know the differences between writting grammar and speaking grammar in english for third semester student of english education program in University of PGRI Adi Buana Surabaya, for examples in the writting grammar “going to” become “gonna” in speaking grammar, that differences make students must be practice listening english conversation to increase their ability in listening. Listening not only process passive listening, but students must be able to analyze the spelling of the sentences and intonation from the sources that their have heard. Listening is one of the basic ability in English that you should learn well. During the lecture process in the class, the lecturer still using printed modul and songs as learning sources in the class. The ability level of the students in accept lesson materials is the difference for one and others, because the students have for working with full time or part time, so that maximum learning of listening in english is less possible.

The goals of this research is developing instructional media based on mobile learning for listening subject which effective and feasible to use, then it can increase the output of study for third semester english education students in University of PGRI Adi Buana Surabaya.

The media development model in this research is using R & D Model from Borg and Gall, start from research step, collecting data and implementation step. Based on data which collected from interview to the 1st listening engslish expert (90%), 2nd listening English expert (100%), 1st media expert (80%) and 2nd media expert (90%).Individual testing (84,4%) include in excellent grade. Small group testing (85,3%), Large group testing (98,6) include inexcellent grade. Based on the result from analyze data, we can conclude that mobile learning media is feasible for used in lecture activity in listening subject at English education program in University of PGRI Adi Buana Surabaya.

Effectiveness assessment results by analyze data tell that tcount is bigger than the value of ttable (16,26>2,045). We can conclude that the differences between value of pre-test and post test is proving about mobile learning media which developed is effective to overcome the studying problem in listening program at English education program in University of PGRI Adi Buana Surabaya.

 

 

Keywords: Development, Mobile Learning, Listening

Published
2016-01-21
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 37