PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL PAPAN PERMAINAN PADA MATERI BENTUK ALJABAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP SITI AMINAH SURABAYA

  • SELLY SUPRA NINGRUM

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media visual papan permainan dan untuk mengetahui apakah penggunaan media visual papan permainan dapat meningkatkanhasil belajar siswa kelas VII SMP Siti Aminah Surabaya.Model pengembanganyang digunakan dalam mengembangkan media visual papan permainan ini adalah model Research and Development (R&D) dari Sugiyono. Penelitian ini merupakan penelitian One Group Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara,angket, dan tes. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakanmedia visual papan permainankepada ahli materi,ahli mediadanahlipembelajaranmenunjukanbahwa setelahmelaluitahaprevisi desain, media dikategorikan sangat baik danlayak digunakan pada uji coba selanjutnya. Sedangkan,hasil uji coba perorangan yaitu 96,12%, hasil uji coba kelompok kecil yaitu 92,57% danhasil uji coba kelompok besar yaitu 90,99% hasil prosentase dari uji coba tersebut termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga media visual papan permainanlayak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengatasi masalah belajar. Hasil dari uji t memperoleh data 5,12 1,692 dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel, maka hasil tersebut menunjukan peningkatan hasil belajar.

Kata kunci: Pengembangan, Media Visual Papan Permainan, Bentuk Aljabar, Matematika.

Abstract

The research aims to develop the visual media and the game board to determine whether the use of visual media board games can improve learning outcomes of students of grade VII in the Siti Aminah junior high school Surabaya. The development models used in developing the visual mediaboard game is a model of Research and Development (R & D) by Sugiyono. This research is one group pretest-posttest. Data collection methods used were documentation, interviews, questionnaires and tests. Thetype of data that is obtained in the form of qualitative and quantitative data. The results of validation by materials experts, media experts and learning experts shows that after the revision step of design, media categorized very well and suitable for use in the next trial. Meanwhile, the results of individual test is 96.12%, the test results are 92.57% of small groups and large groups of test results is 90,99% percent of the test results is included in the excellent category, so the visual media board game suitable for use as a medium of learning to overcome the learning problems.The results of the t test to obtain data 5.12 > 1,692 where the value t is greater than t table, then the results showed an increase in learning outcomes.

Keywords: Development, Visual Media Board Games, Form Algebra, Mathematics.

Published
2016-01-28
Abstract Views: 207
PDF Downloads: 579