PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA TEMA LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 4.C-1 DI SDLB NEGERI PANDAAN KABUPATEN PASURUAN

  • Megawati

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA TEMA LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 4.C-1 DI SDLB NEGERI PANDAAN KABUPATEN PASURUAN

Media Pembelajaran sangat membantu anak untuk belajar, khususnya anak tunagrahita. Media yang tepat untuk anak tunagrahita adalah media kartu bergambar, dimana media kartu bergambar bersifat kongkrit dan dapat menstimulus kemampuan anak tunagrahita sedang. Pada pengembangan ini mempunyai tujuan menghasilkan media kartu bergambar yang layak dan efektif untuk melatih kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita sedang kelas 4-C.1 di SDLB Negeri Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D, meliputi 10 langkah pengembangan yaitu Potensi dan Masalah, Mengumpulkan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Produk, Uji Coba Produk, Revisi Uji Coba Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi, dan Produksi Masal, serta menggunakan metode penelitian Single Subject Riset (SSR). Desain yang digunakan yaitu desain reserval A–B–A–B, dimana anak diberi pendampingan pada baseline dan secara mandiri pada intervensi dalam satu periode secara berulang-ulang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas 4-C.1 yang terdiri dari 2 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini adalah angket terbuka untuk menguji kelayakan media dan materi, tes tulis dan tes lisan untuk mengukur keefektifan media, dokumentasi berupa foto dan teknis analisis data yang digunakan adalah tenik kualitatif (deskriptif).

Pengembangan media kartu bergambar telah melalui uji kelayakan pada ahli media dan keefektifan media pada ahli materi. Pengumpulan data menggunakan metode angket terbuka dan kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus presentase setiap aspek (PSA). Adapun hasil presentase kepada ahli materi yaitu 85% (kategori baik) dan hasil presentase kepada ahli media yaitu 80% (kategori baik). Sedangkan hasil tes siswa di hitung menggunakan metode (Single Subject Riset) A–B–A–B yaitu Data siswa I menunjukkan pada level kecenderunagn arah pada A1, A2 dan B2 meningkat dengan keterangan stabil meningkat, tetapi pada Intervesi B1 kecenderungan arah terdapat penurunan. Pada level perubahan data intervensi B1 yaitu +4 dan telah meningkat pada Intervensi B2 yaitu +6. Data siswa II menunjukan level kecenderungan arah stabil meningkat pada A1, B1, A2, maupun B2. Pada level perubahan data intervensi B1 yaitu +4 dan telah meningkat pada intervensi B2 yaitu +7. Berdasarkan hasil analisis dilapangan, maka dapat disimpulkan pengembangan media kartu bergambar untuk melatih membaca pada anak tunagrahita kelas 4-C.1 mengalami peningkatan pada intervensi B2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar di kategorikan layak dan efektif.

Kata kunci : Pengembangan, Kartu Bergambar, Tunagrahita, R&D, Subject Single Riset

ABSTRACT

THE DEVELOPMENT OF MEDIA PICTORIAL CARD ON THE THEME OF ENVIROVMENT TO READING ABILITY TO TRAIN AROUND THE BEGINNING OF MODERATE CLASS CHILDREN WITH MENTAL RETARDATION 4.C-1 IN THE STATE SDLB AT PANDAAAN, KABUPATEN PASURUAN

Name : Megawati

Regritration Number : 11010024015

Course of Study : Education Technology

Faculty : Science Education

University : State University of Surabaya

Supervisor : Dr. Andi Mariono, M.Pd

Instructional Media greatly help the child to learn, especially children with mental retardation. Appropriate media for children with mental retardation is pictorial cards media, Media development pictorial card in which the media are concrete and can stimulate the ability of children with moderate mental retardation. The development has a purpose to produce a pictorial card media that are feasible and effective for children with mental retardation being class 4-C.1 in SDLB Pandaan, Pasuruan.

The method and development used is R & D research, the methods of R & D includes 10 steps of development are Potential and Problems, Collecting Data, Product Design, Validation Design, Revision Products, Testing Products, Revision Test Products, Trial Use, Revision, and Production Mass, and using research methods Single Subject Research (SSR). Designs were used is design reserval A-B-A-B, where children are given guidance on the baseline and independently on intervention in the period repeatedly. Subjects in this development are srudents with intellectual challenges in 4.C-1 as many as 2 students. Data collection techniques used in this research is open questionnaire to measure the feasibility of media and materials, a written test and oral test a written test and an oral test to measure the effectiveness of media, and documentation and technical analysis of the data used is qualitative technique (descriptive).

Media development pictorial card has been through the feasibility on expert review of media and effectiveness on materials experts. Data collection using open questionnaire and then analyzed using the formula percentage of every aspect (PSA). The result of the material experts is 85% (good categories) and the results to media experts, namely 80% (good categories). Meanwhile the test result of student calculated used the method Single Subject Research A-B-A-B reserval design are Student I shows the level of trend direction on the A1, A2 and B2 increased with captions steady rise, but the intervention B1 tendency towards impairment. At the level of intervention data changes ie +4 B1 and B2 have increased the intervention is +6. Student II shows a tendency toward a stable level increased at A1, B1, A2, and B2. At the level of intervention data changes ie +4 B1 and B2 have increased in the intervention is +7.

Based on the analysis in the field, it can be concluded media development pictorial card to train reading the child with mental retardation at grade 4-C.1 increased in the intervention B2. It can be concluded that the media development pictorial card are considered feasible and effective.

Keywords: Development, Pictorial Cards, Mental Retardation, R & D, Single Subject Research

Published
2016-01-28
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 14