PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI DASAR DAUR HIDUP BEBERAPA JENIS MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DARUL ILMI SURABAYA

  • AISYAH RAHMAN

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI DASAR DAUR HIDUP BEBERAPA JENIS MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DARUL ‘ILMI SURABAYA

OLEH : AISYAH RAHMAN

ABSTRAK

Pendidikan di sekolah, dalam pelaksanaanya masih menunjukkan adanya permasalahan. Seperti dalam proses pembelajaran IPA, pembelajaran IPA selama ini lebih ditekankan pada hafalan. Sebagian besar metode dan proses pembelajaran yang digunakan cenderung monoton dan membosankan. telah lebih menekankan pada hafalan. Proses belajar mengajar yang seperti ini dapat menyebabkan motivasi siswa menurun. kemungkinan juga akan berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan metode belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya dengan penerapan pembelajaran kontekstual. Penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA diharapkan dapat menjadi lebih mudah dipahami dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian True Experimental design dengan menggunakan desain penelitian control group pre-test post test. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Darul Ilmi Surabaya. Jumlah sampel yang diamati adalah 38 siswa yang terbagi atas 19 siswa kelas IV A (Kelas Kontrol) dan 19 siswa kelas IV B (Kelas Eksperimen) dan 1 guru mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji-t untuk mencari perbedaan meannya baik sebelum ataupun sesudah diberi perlakuan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam penerapan pembelajaran kontekstual terjadi perubahan yang signifikan dibanding dengan pembelajaran dengan metode ceramah. Hasil belajar para siswa yang diberi perlakuan pembelajaran kontekstual dikategorikan mengalami peningkatan. Rata-rata kelas eksperimen yaitu pre-test (46,95) dan post-test (79,16). Pada kelas kontrol pre-test (53,89) dan post-test (77,05). Bedasarkan perhitungan t-tes kelas eksperimen dengan taraf sigifikan 5% db = 19-1= 18 sehingga diperoleh ttabel 2,10. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu dengan angka 10,26 > 2,10. Pada kelas kontrol dengan taraf sigifikan 5% db = 19-1= 18 sehingga diperoleh ttabel 2,10. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu dengan angka 8,70 > 2,10. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan setelah menerapkan pembelajaran kontekstual.

Kata kunci :Penerapan, Kontekstual, Hasil Belajar IPA.

THE APPLICATION OF CONTEXTUAL LEARNING ON THE COMPETENCE THE LIFE CYCLE OF SOME SPECIES OF LIVING THINGS TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES AT THE FOURTH GRADE SD DARUL ILMI SURABAYA.

BY : AISYAH RAHMAN

ABSTRACT

Education in school, still indicate a problem in implementation. As in the process of learning science, it has been more emphasis on memorization. Most of the methods and learning process is tend to be monotone and boring. The learning process such as this can cause students motivation decrease or perhaps will impact on learning outcomes. To fix this problem, we need learning methods to increase student’s motivation. One of them with the application of contextual learning. Application of contextual learning in science subjects is expected to be more easily understood and can improve student learning outcomes.

This research included in this type of research is true experimental design using design research control group pre test-post test. The subject of this research is fourth grade students of elementary school Darul Ilmi Surabaya. The samples that are observed there are 38 students, divided into 19 for fourth grade A (control class) and 19 for fourth grade B (experiment class) and a science teacher. Data collection methods used in this research is observation, test, and documentation. While data analysis technique used in this research using a t-test to find difference mean either before or after given a treat.

Based on the results of this research is known that in the application of contextual learning has a significant change compared to learning by lecture method. Student outcomes were treated by contextual learning, considered increase. The average of experiment class pre-test : 46,95 and post-test : 79,16. In the control class pre-test : 53,89 and post-test : 77.05. Based on the calculation of the t-test experimental class with level sigifikan 5% db = 19-1 = 18 in order to obtain ttabel 2.10. So tcount greater than ttable is the 10,26 figure> 2,10. In the control class with level sigifikan 5% db = 19-1 = 18 in order to obtain ttable 2,10. So tcount greater than ttable that the figure of 8,70> 2,10. This shows that the experiment class student learning outcomes significantly increased after applying contextual learning.

Keyword : application, contextual, the result of studying science.

Published
2016-02-02
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 29