PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERPANGKATAN DAN PENARIKAN AKAR BILANGAN PANGKAT DUA DAN PANGKAT TIGA SEDERHANA SISWA KELAS 5 SDN PUTAT JAYA V/381 SURABAYA

  • INDRI PUTRI W S

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERPANGKATAN DAN PENARIKAN AKAR BILANGAN PANGKAT DUA DAN PANGKAT TIGA SEDERHANA SISWA KELAS 5 SDN PUTAT JAYA V/381 SURABAYA

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Menurut studi pendahuluan yang terjadi di kelas V SDN Putat Jaya 5/381 Surabaya pada pelajaran Matematika yang membahas tentang kompetensi dasar Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana, kurang dapat dipahami oleh siswa dikarenakan guru hanya menerangkan tanpa adanya suatu timbal balik antara guru dan siswa atau sebaliknya. Guru hanya menggunakan LKS tematik terpadu dan disertai buku paket matematika seadanya. Dalam materi matematika, ada beberapa yang tidak terakomodasi dalam buku LKS sehingga dibutuhkan media lain untuk mengatasi hal tersebut, yakni media komik pembelajaran. Komik pembelajaran ini terdiri dari 13 halaman dengan full colour dan terdapat pula pop up didalamnya yakni seni gambar timbul atau 3 dimensi dalam buku.Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan komik pembelajaranyang layak dan efektif pada pelajaran matematika materi perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga.

Model pengembangan komik pembelajaran ini termasuk dalam model pengembangan model prosedural. Alasannya karena pembuatan komik pembelajaran ini terdapat tahap-tahap pengembangan dari awal pembuatan hingga terciptanya buku komik pembelajaran.Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Research and Development (R&D). Dalam pelaksanaannya model pengembangan R&d ini dilakukan modifikasi agar sesuai dengan kerperluan pelaksanaan pengembangan media. Media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah diujicobakan kepada siswa kelas V SDN Putat Jaya V Surabaya. Sehingga media ini layak digunakan.

Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan beberapa instrument yaitu, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan wawancara, presentase dan uji t. Hasil wawancara ahli media didapatkan presentase sebesar 100% (sangat baik) dan ahli materi sebesar 90% (sangat baik). Dalam uji coba perorangan mendapatkan presentase sebesar 96% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 85% (sangat baik), dan uji coba kelompok besar mendapatkan presentase 89,5% (sangat baik). Hasil uji t memperoleh perhitungan dengan taraf signifikan 5%, db =N-1 = 37-1 = 36. Diperoleh Ttabel 2,028 dan Thitung 5,68. Dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel yakni 5,68>2,028. Dengan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa media layak dan efektif digunakan.

Kata kunci : Pengembangan, Media Komik, Pop Up, Matematika

ABSTRACT

THE DEVELOPMENT OF COMIC LEARNING MEDIA ON MATHEMATICS NUMBERS SIMPLE QUADRATIC AND CUBIC NUMBERS MATERIAL FOR FIFTH GRADE STUDENTS SDN PUTAT JAYA V/381 SURABAYA

Name: Indri Putri Wijayanti Sutrisno

NIM: 11010024045

Study Program: S-1

Majoring: Curriculum and Education Technology

Faculty: Education

Institution: State University of Surabaya

Advisor: Utari Dewi.,S.Sn.,M.Pd

Mathematics is a universal science that underlies the development of modern technology, have an important role in a variety of disciplines and promote the power of human thought. According to preliminary studies that occurred in the 5th grade public elementary schools 5/381 Putat Jaya Surabaya in mathematics which deals with basic competence Getting to know the concept of the powers and the withdrawal of the square root of the number and rank of the three simple numbers, less can be understood by the students because teachers only explain without the existence of an interaction between teachers and students or vice versa. Teachers simply use the integrated thematic worksheets and math textbooks accompanied pickup. In a matter of mathematics, there are some who are not accommodated in LKS book so that other media needed to overcome these problems, namely comic comic learning media. This learning comic consists of 10 pages with full color and there are also pop up inside the art of embossing or 3-dimensional images in the book. The development goal is to produce comic viable and effective learning in math material powers and roots withdrawal rank number two and number three rank.

This learning model of development comics included in the model development of procedural models. The reason for making comics of this study are the stages of development from initial manufacture to the creation of comic books pembelajaran.Model development used in this study is a model of development of Research and Development (R & D). In the execution of R & D development models have been modified to fit the implementation of media development. Media validated by experts and media experts as well as the material has been tested to fifth grade students Putat Jaya V Surabaya. The media thus fit for use.

The type of data used in this development include qualitative and quantitative data. Methods of data collection using several instruments, namely, interviews, tests, questionnaires, and documentation. Data were analyzed using interviews, percentage and t test. Results obtained media expert interview a percentage of 100% (very good) and matter experts by 90% (very good). In the individual testing to get a percentage of 96% (very good), small group trial by 85% (very good), and testing of large groups get a percentage of 89.5% (very good). T-test gain calculation with significant level of 5%, db = N-1 = 37-1 = 36. Retrieved Ttabel Thitung 2.028 and 5.68. From these figures it can be concluded that the Thitung greater than Ttabel namely 5.68> 2.028. With these results it can be said that the media is feasible and effective to use.

Keywords: Development, MediaComics, PopUp, Mathematics

Published
2016-02-05
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 37