PENGEMBANGAN PERMAINAN DAKON MATERI PENGURANGAN DENGAN TEKNIK MENGAMBIL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SDN LIDAH WETAN IV/566 SURABAYA

  • ABDULLAH HARIS HANIF ASHAR

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN PERMAINAN DAKON MATERI PENGURANGANDENGAN TEKNIK MENGAMBIL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKASISWA KELAS 2 SDN LIDAH WETAN IV/566 SURABAYA

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional baik di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama maupun di Sekolah Menengah Atas.Pada umumnya siswa beranggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan menakutkan, baik teori maupun konsep-konsep.Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di kelas 2 SDN 4/566 Lidah Wetan Surabaya terdapat permasalahan belajar pada mata pelajaran matematika materi pengurangan dengan teknik mengambil dikarenakan Guru hanya menggunakan media cetak berupa buku siswa atau LKS dan teknik mengajarnya dengan teknik ceramah. Oleh sebab itu, salah satu cara penyajian materi pelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar adalah dengan menggunakan media pembelajaran permainan dakon.

Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu, apakah media permainan dakon layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dan apakah pengembangan permainan dakon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Lidah Wetan IV/566 Surabaya pada mata pelajaran matematika materi pengurangan dengan teknik mengambil. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media permainan dakon untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dan mengetahui pengaruh media permainan dakon dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Lidah Wetan IV/566 Surabaya pada mata pelajaran matematika materi pengurangan dengan teknik mengambil. Dari spesifikasi produknya media permainan dakon ini dikembangkan dari segi teknik permainannya yang kemudian dimodifikasi sesuai dengan materi pengurangan dengan teknik mengambil.

Model pengembangan yang dipilih pada penelitian ini adalah model pengembangan Dick & Carey yang didalamnya terdapat langkah-langkah seperti mengidentifikasi tujuan pembelajaran, melakukan analisis instruksional, melakukan analisis tingkah laku awal/ karakteristik siswa yang dilakukan dengan wawancara terhadap Guru kelas. Kemudian, mulai mengembangkan media pembelajaran yang dimulai dari merumuskan tujuan kinerja, mengembangkan tes acuan patokan, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan atau memilih pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, menulis perangkat dan dilakukan uji coba kepada siswa, dan revisi pembelajaran.

Metode pengumpulan data menggunakan beberapa instrument yaitu, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan wawancara, PSA (Penilaian Setiap Aspek) dan uji t. Hasil wawancara ahli materi diperoleh presentase sebesar 100% (sangat baik sekali) dan ahli pembelajaran sebesar 95% (sangat baik sekali). Dalam uji coba di dalam kelas terbukti bahwa hasil tes dari kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan t = 8,95 dan db = 30, jika dilihat dalam tabel distribusi t test dengan nilai t kritik pada ts 0,05 = 1,697. Maka jika dibandingkan adalah 1,697 < 8,95 dapat disimpulkan bahwa uji coba yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pengurangan dengan teknik mengambil.

Kata kunci : Pengembangan, Modifikasi, Dakon, Matematika

ABSTRACT

THE DEVELOPMENT OF DAKON GAME ONMATHEMATICS REDUCTION TAKING TECHNIQUESMATERIAL FOR SECOND GRADE STUDENTS SDN LIDAHWETAN I5V/566 SURABAYA

Mathematics is one of the subjects included in the National Examination both at the elementary school, junior high schools and senior high school. In general, the students think that mathematics is a subject that is difficult and intimidating, both theory and concepts. Based on preliminary studies done in 2nd grade SDN Lidah Wetan 4/566 Surabaya there are problems learning in mathematics material reduction taking techniques because Teachers only use books or worksheets and teaching techniques with lectures technical. Therefore, one way of presenting the subject matter that is expected to improve learning achievement is to use instructional media dakon.

In this study, there are two formulation of the problem, whether the media dakon game worthy to serve as a medium of learning and whether dakon game development can improve student learning outcomes 2nd grade SDN Lidah Wetan IV / 566 Surabaya in mathematics material reduction techniques. So the purpose of this study was to determine the feasibility of dakon game media to be used as a medium of learning and knowing the influence dakon game media in improving student learning outcomes 2nd grade SDN Lidah Wetan IV / 566 Surabaya in mathematics material reduction techniques. Of a media product specifications dakon game is developed in terms of playing technique which is then modified in accordance with the material reduction techniques take.

The development model chosen in this study is the development model Dick & Carey. Inside there are steps such as identifying learning objectives, instructional analysis, analyzing the behavior of the start / characteristics of students who conducted the interviews with teachers. Then, develop instructional media begins to formulate performance goals, develop benchmark tests, develop learning strategies, develop or choose learning, designing and implementing formative evaluation, write device and be tested to the students, and the revision of learning.

Methods of data collection using the following instruments, interviews, tests, questionnaires, and documentation. Data were analyzed using interviews, PSA (Assessment Every Aspect) and t test. Results matter expert interviews obtained by a percentage equal to 100% (very well) and learning experts by 95% (very well). In a trial in the classroom proved that the test results of the experimental class better than the control class. With t = 8.95 and db = 30, t distribution table test with criticism on ts t value of 0.05 = 1.697. Then compared is 1.697 <8.95 it can be concluded that the tests conducted can improve student learning outcomes in a material reduction taking techniques.

Keyword : Development, Modification, Dakon, Mathematics

Published
2016-02-09
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 96