STUDI KURIKULUM PESANTREN SMP BILINGUAL TERPADU DI PESANTREN MODERN AL-AMANAH JUNWANGI KRIAN SIDOARJO

  • RICHUL QOMARIYAH

Abstract

Penelitian pada kurikulum pesantren dilatarbelakangi oleh adanya peningkatan jumlah pesantren di Indonesia yang sangat pesat, data Kementrian Agama tahun 2012 menunjukkan jumlah pesantren tercatat di Kemenag sebanyak 27.230 serta terbitnya Peraturan Mentri Agama (PMA) No. 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam dan PMA No. 18 Tahun 2014 tentang Satuan Pendidikan Muadalah pada pesantren yang menjadikan pesantren setara dengan pendidikan lainnya sehingga kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan pesantren terdiri atas kurikulum agama Islam dan kurikulum pendidikan umum. Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi Krian merupakan pesantren modern yang menerapkan dua kurikulum yang dilaksanakan secara terpadu (kurikulum umum dan kurikulum pesantren) pada lembaga pendidikan yang berdiri dibawah naungannya yaitu SMP Bilingual Terpadu. Oleh karena itu, perlu diadakan studi mengenai pelaksanaan kurikulum yang mencakup struktur kurikulum dan pola pembelajaran yang dilaksankan untuk dapat mengetahui kesesuaian dengan standar yang telah ditentukan.

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui stuktur kurikulum SMP Bilingual Terpadu di Pesantren Modern Al-Amanah. (2) Untuk mengetahui pola pelaksanaan pembelajaran dalam mengimplementasikan kurikulum pesantren di SMP Bilingual Terpadu.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitiatif yaitu dari data yang diperoleh dalam penelitian ditarik kesimpulan dalam bentuk kalimat pernyataan serta hasil penelitian dapat memberikan gambaran tentang keadaan yang terjadi pada saat penelitian. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga memudahkan peneliti untuk mendapatkan data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kurikulum SMP Bilingual Terpadu terdiri dari struktur kurikulum nasional dan kurikulum pesantren yang dilaksanakan secara terpadu. Serta pola pelaksanaan pembelajaran dalam mengimplementasikan kurikulum pesantren dilaksanakan secara klasikal dan ma’hady.

.

Kata Kunci : Struktur Kurikulum, Pola Pelaksanaan Pembelajaran, Pesantren

The researchonthe curriculum boarding school motivated bythe increasing number ofboarding schoolinIndonesiais very rapid, in 2012 the religious ministry data show the number of boarding school at the ministry of religion as much as 27 230 as well as the publication of a ministerial regulation of religion (PMA) No. 13 of 2014 about Islamic Religious Education and PMA No. 18 Year 2014 about Muadalah Education Unit at boarding schools that make education on par with the other so that the curriculum applied in schools education curriculum consists of the Islamic religion and the general education curriculum. Modern boarding school Al-Amanah Junwangi Krian is a modern boarding school that implements two were conducted in an integrated curriculum (general curriculum and curriculum of boarding schools) in educational institutions established under its shelter, namely the Integrated Bilingual of Junior High School. Therefore, there should be a study on the implementation of the curriculum that covers the structure of the curriculum and the learning patterns which are conducted to know suitability with the standards set.

The purpose of this research are: (1) To know the structure of the junior high school curriculum in Boarding School Modern Bilingual Integrated Al-Amanah. (2) To determine the pattern of teaching practices in implementing the curriculum in junior high schools Bilingual Integrated.

The method used is that Qualitative methods of data obtained in the study be concluded in the form of sentences statements and results of this research provide an overview of the circumstances that occurred during the research. In collecting data using interviews, observation and documentation making it easier for researcher to obtain qualitative data.

The results showed that the structure of the curriculum of junior Bilingual Integrated compraises the structure of national curriculum and the structure of boarding school curriculum in an integrated manner. As well as the pattern of implementation of learning in boarding school curriculum conducted in the classical and ma’hady.

Keyword : The Structure of Curriculum, The pattern of implementation of learning, Boarding School

Published
2016-03-03
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 271