PENGEMBANGAN MEDIA MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NURUL HUDA MERAKURAK TUBAN

  • SUZUDIONO

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media modul matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat. Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) dalam buku sugiyono 2010. Pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara kepada ahli materi dan ahli media, angket, serta tes.

Jenis data dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil analisis data dari wawancara terstruktur dengan ahli materi dan media menyimpulkan bahwa media baik. Dan dibuktikan juga dengan hasil uji coba angket perorangan dikategorikan baik dengan perolehan presentase 83,21%, hasil uji coba angket kelompok kecil juga dikategorikan baik dengan perolehan presentase 87,5%, dan hasil uji coba angket kelompok besar dikategorikan baik sekali dengan perolehan presentase 84,0%. Sehingga pada hasil nilai dari pre-test dan post-test yang dilakukan menggunakan analisis data uji tes sehingga diperoleh T tabel 2,042. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,62 > 2,045 dan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 2,042, Sehingga terjadi pengaruh yang signifikan antara penggunaan media modul dengan hasil belajar siswa. Sedangkan dari hasil, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media modul pada mata pelajaran matematika materi segitiga dan segiempat bagi siswa kelas VII di SMP Nurul Huda Merakurak Tuban, Media modul efektif untuk di gunakan oleh siswa.

Kata kunci : Pengembangan, Media modul, Materi segitiga dan segiempat.

Abstract

The purpose of this research was to created math module to improve student’s learning result on math subject calculating periphery and capacity of triangle and square. Development model that applied was research and development model (R&D) in Sugiyono’s book. Data collecting obtained from documentation, interview to matter expert and media expert, questioner and test.

Data type in this study was qualitative and quantitative. Data analysys result from structured interview with matter and media experts conclude with good result. And also proved that individual questioner trial on good category with percentage of 83.21%, small group questioner trial also in good category with percentage of 87.5%, and big group questioner trial with percentage of 84.0%. that on pre-test and post-test scores results which conducted by test data analysis that obtained t-table as big as 2.042. That tcount was bigger than ttable namely 8.62>2.045 and by applied t-test distribution table with significant rate of 5% obtained ttable = 2.042. It mean that there was a significant effect between module media application with student’s learning result. While for result, it can be conclude that module media development on math subject to 7th grade student of SMP Nurul Huda Merakurak Tuban, module media was effective to applied by students.

Keywords:Development, module Media, Triangle and square matter.

Published
2016-05-03
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 24