Pengembangan Media CAI Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengucapkan Kosakata Bahasa Inggris Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas III di SDN Krian 02

  • DESI AYU ASTITI

Abstract

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang di berikan di Sekolah Dasar (SD) yang mengkaji berbagai materi terutama penguasaan kosakata. Melalui mata pelajaran Bahasa Inggris, anak di arahkan untuk dapat berbicara dengan menggunakan kosakata yang baik. Namun untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti yang telah di uraikan tidak terlepas dari media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak sekolah dasar (SD) dan mata pelajaran bahasa inggris untuk sekolah dasar, maka guru perlu menerapkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Siswakelas III di SDN Krian 02 sebelumnya juga pernah menggunakan media audio dalam kegiatan pembelajaran olahraga. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru pengajar kelas III, siswa lebih antusias apabila dalam proses belajar mengajar disertai dengan menggunakan media. Namun pada sekolah ini belum pernah menggunakan media CAI dalam proses belajar mengajar dan kepala sekolah sendiri mempunyai harapan yang ingin membuat variasi pembelajaran dengan menggunakan media video animasi pada kegiatan pembelajaran pengucapan kosakata bahasa inggris yang baik dan benar menjadi pertimbangan mengapa peneliti mengembangkan media CAI ini.

Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media CAI yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengucapkan kosakata bahasa inggris untuk siswa kelas III di SDN Krian 02, sehingga siswa dapat mengucapkan dengan baik dan benar.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan media CAI menggunakan model pengembangan yang prosedural yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam menghasilkan produk. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan Research & Development (R&D) yang dianggap cukup sistematis dan sesuai dengan media CAIkarena dalam model pengembangan ini berorientasi pada produk, model ini memiliki tahap yang sampai pada produk yang siap untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Adanya tahap uji coba media, dan juga ada revisi di setiap uji coba produk media, sehingga dapat mengurangi tingkat kekurangan terhadap produk media.

Berdasarkan hasil belajar siswa dalam menggunakan media CAI diperoleh data penggunaan awal dan pengamatan setelah mendapatkan perlakuan dengan d.b = N-1 = 29 dengan taraf kesalahan Dengan nilai t0,05 harga t = 2,045 diketahui bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel ( 47,938 > 2,045) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum mendapat perlakuan dengan sesudah mendapat perlakuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan penggunaan media video animasi terhadap kemampuan siswa dalam mengucapkan kosakata bahasa Inggris pada anak SD Kelas III di SDN Krian 02. Hal ini berarti juga media video animasi ini sangat efektif jika digunakan dalam kegiatan pembelajaran, khususnya kegiatan mengucapkan kosakata bahasa Inggris.

Kata kunci :Pengembangan Media,

Abstract

English is one of the subjects given in elementary school (SD) which is examining the matter, especially vocabulary. Through the subjects in English, children are directed to speak by using a good vocabulary. However, to achieve the learning objectives as has been described will not be separated from the media that according to the characteristics of children of primary school (SD) and the subjects in English for primary school, then teachers need to implement active learning, creative, effective, and fun. Third grade students at SDN 02 Krian had previously been using audio media in learning the sport. Based on the interview with one of the teachers of third grade, students are more enthusiastic when the learning process is accompanied by using the media. But at this school have not been using CAI in teaching, learning and school principals themselves have expectations to create a variation of learning by using media CAI on learning activities pronunciation of the vocabulary of the English language is good and true into consideration why researchers are developing a media CAI this.

The purpose of this development is to produce CAI media is expected to increase students' ability to pronounce English vocabulary for third grade students at SDN Krian 02, so that students can pronounce properly.
The development model used in the research development of media CAI using procedural development model that outlines the steps that must be followed in producing the product.

In this study, researchers used a model of development Research & Development (R & D) which is considered quite systematically and in accordance with the media CAI as in the development model is oriented product, this model has a stage until the product is ready for use in the learning process. Their test phase media, and also there is a revision in any media product trials, so as to reduce the level of shortage of the product media.

Based on student learning outcomes in using animated video media data showed initial use and observation after getting treatment with db = N-1 = 29 with standard error With price t0,05 value t = 2.045 known that t is greater than t table (47.938> 2.045) therefore Ho rejected and Ha accepted. So there are significant differences between the results before treated with after receiving treatment. So it can be concluded that there are significant differences animated video media use of the ability of students to pronounce the English vocabulary in elementary school children in SDN Krian Class III 02. This means also an CAI media is very effective if used in the learning activities, especially activities pronounce English vocabulary.

Keywords : Development Media

Published
2016-05-03
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 58