“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MANFAAT HIDUP RUKUN SISWA KELAS V SDN MENUR PRUMPUNGAN IV/236 SURABAYA”

  • RIGHIT PERMANA

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MANFAAT HIDUP RUKUN SISWA KELAS V SDN MENUR PRUMPUNGAN IV/236 SURABAYA

Pendidikan merupakan salah satu komponen yang penting dalam menentukan masa depan bangsa. Ironisnya, hasil studi PISA menunjukan bahwa peringkat Indonesia baru bisa menduduki 10 besar terbawah dari 65 negara. Hal tersebut, disebabkan karena perubahan kurikulum yang menjadikan siswa kurang siap dalam menghadapi kurikulum yang diterapkan saat ini, yakni kurikulum 2013. Keadaan tersebut salah satu dialami oleh SDN Menur Pumpungan IV/236 Surabaya. Berdasarkan kondisi tersebut, maka diperlukan sebuah model pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan model Problem Posing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS; (2) mengetahui ada atau tidak perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC di SDN Menur Pumpungan IV/236 Surabaya.

Metode penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test group desaign dengan sampel random pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang merupakan jenis desain quasi experimental design. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan model Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan model pembelajaran problem posing pada pembelajaran mata pelajaran IPS dengan subtema manfaat hidup rukun pada SDN Menur Pumpungan IV/236 Surabaya belum dapat dikatakan efektif; (2) Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan subtema manfaat hidup rukun pada SDN Menur Pumpungan IV/236 Surabaya. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan yang menunjukkan t hitung > t tabel, yakni 6,2347 > 1,669 (dengan taraf signifikansi 5%).

Kata Kunci: Model Pembelajaran, CIRC, Problem Posing, Hasil Belajar.

ABSTRACT

APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE COOPERATIVE AND INTEGRATED READING COMPOSITION WITH PROBLEM POSING MODEL TO INCREASE LEARNING OUTCOMES OF SUBJECT MATTER IPS ARTICLE OF LIFE BENEFITS CLASS V SDN MENUR PRUMPUNGAN IV / 236 SURABAYA

Name : Righit Permana

NIM : 09010024224

Study Program: Curriculum and EducationalTechnology

Name of Institution: State University of Surabaya

Supervisor: Drs . I Ketut Pegig Arthana . M.Pd.

Education is an important component in determining the future of the nation. Ironically, the PISA study results show that ranked Indonesia could only occupy 10 of the bottom 65 countries. This, due to changes in curriculum makes students less prepared to deal curriculum applied at this time, the curriculum of 2013. This situation is one experienced by SDN Menur Pumpungan IV / 236 Surabaya. Under these conditions, it would require a learning model to improve student learning outcomes. The objective of this study is to (1) determine the application of cooperative learning model CIRC with Problem Posing models to improve the learning outcomes social studies; (2) determine whether or not a significant difference between the results of student learning using conventional learning models and cooperative learning model CIRC in SDN Menur Pumpungan IV / 236 Surabaya.

This research method using post-test group design with a random sample of the experimental group and a control group which is kind of quasi experimental design design. The results showed (1) The application of the model of cooperative learning model CIRC learning model problem posing on learning social studies with subthemes benefits of living in harmony on SDN Menur Pumpungan IV / 236 Surabaya can’t be said to be effective; (2) The type of cooperative learning model CIRC with problem posing learning model can improve the learning outcomes social studies with subthemes benefits of living in harmony on SDN Menur Pumpungan IV / 236 Surabaya. This is evidenced from the results of calculations showed t count> t table, is 6.2347> 1.669 (with a significance level of 5%).

Keywords: Learning Model, CIRC, Problem Posing, Learning Outcomes.

Published
2016-05-03
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 28