PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 16 SURABAYA

  • FANDI PRAMANDA

Abstract

Abstrak

Physics Education Technology (PhET) adalah media simulasi yang dikembangkan University of Colorado yang berisi simulasi pembelajaran fisika, biologi, dan kimia. Media ini menekankan pada hubungan antara fenomena kehidupan nyata dengan ilmu yang mendasari. Media memiliki peranan yang penting dalam pembelajaran yaitu untuk memudahkan peserta didik memahami materi. Penggunaan media simulasi PhET dalam pembelajaran di kelas dapat memvisualisasikan bentuk-bentuk energi, sumber energi, dan perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk energi yang lain, sehingga akan memudahkan peserta didik memahami materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang kasat mata tersebut.

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media simulasi PhET terhadap prestasi belajar materi pokok energi dalam sistem kehidupan bagi peserta didik kelas VII-A, VII-B, VII-C, dan VII-D SMP Negeri 16 Surabaya. Subjek penelitian ini yaitu kelas VII-A dan VII-C sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas VII-B dan VII-D sebagai kelompok kontrol. Prestasi belajar peserta didik didapatkan melalui tes tertulis dan dianalisis menggunakan rumus One-Way ANOVA yang dilakukan dengan aplikasi statistik SPSS Versi 20.

Hasil analisis data tes tertulis menggunakan rumus One-Way ANOVA dengan aplikasi SPSS Versi 20 diperoleh Foutput = 28,947 dengan nilai probabilitas (Sig.) = 0,000, sedangkan diketahui Ftabel = 2,26 untuk probabilitas 0,05. Berdasarkan analisis lanjutan oleh TukeyTest, yang membandingkan antara post-test kelas VII-A dengan pre-test kelas VII-A diketahui mean difference = 30,729 dengan nilai probabilitas (Sig.) = 0,000. Perbandingan antara hasil post-test kelas VII-A dengan post-test kelas VII-B diketahui mean difference = 9,633 dengan nilai probabilitas (Sig.) = 0,037. Perbandingan antara hasil post-test kelas VII-C dengan post-test kelas VII-D diketahui mean difference = 15,780 dengan nilai probabilitas (Sig.)= 0,000. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik kelas VII-A dan VII-C meningkat signifikan setelah menggunakan media simulasi PhET. Jadi, ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media simulasi PhET terhadap prestasi belajar materi pokok energi dalam sistem kehidupan bagi peserta didik kelas VII-A, VII-B, VII-C, dan VII-D SMPN 16 Surabaya.

Kata Kunci: Penggunaan, Media Simulasi PhET, Prestasi Belajar, Energi dalam Sistem Kehidupan

Abstract

Physics Education Technology (PhET) is a simulation media developed by The University of Colorado that contains simulation learning physics, biology and chemistry. This media emphasis on the relationship between real-life phenomena with the underlying science. The media have an important role in learning is to facilitate the students understand the material. PhET simulations media use in the classroom can visualize forms of energy, energy sources, and energy changes from one form to another form of energy, so it will be easier for students to understand the subject matter of Natural Sciences that is invisible.

This research aims to determine the presence or absence of a significant effect of the use PhET simulations media to achievement learn the subject matter of energy in life systems for students of class VII-A, VII-B, VII-C, and VII-D SMPN 16 Surabaya. The subject in this research is class VII-A and class VII-C as the experimental group, while the class VII-B and class VII-D as the control group. Achievement of learners obtained through written test and analyzed using One-Way ANOVA formulas are done with SPSS version 20 statistical applications.

The results of the written test analyzed using One-Way ANOVA formulas with SPSS version 20 statistical application was obtained Foutput = 28.947, with probability value (Sig.) = 0.000. While known Ftable = 2.26, to 0.05 probability. Based on further analysis by Tukey Test, comparing the post-test class VII-A with the pre-test class VII-A is known mean difference = 30.729, with probability value (Sig.) = 0.000. Comparison between of results the post-test class VII-A with post-test class VII-B are known mean difference = 9.633, with a probability value (Sig.) = 0.037. Comparisons between of results the post-test class VII-C with post-test class VII-D are known mean difference = 15.780, with probability value (Sig.) = 0.000. The results of this research indicate that learning achievement of students of class VII-A and class VII-C improved significantly after using the PhET simulations media. So, there was a significant effect of the use simulations PhET media to learning achievement the subject matter of energy in life systems for students of class VII-A, VII-B, VII-C, and VII-D SMPN 16 Surabaya.

Keywords: Using, PhET Simulation Media, Learning Achievement, Energy in the Life Systems

Published
2016-05-03
Abstract Views: 193
PDF Downloads: 263