PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN PAGESANGAN SURABAYA

  • Norista Marliana Dewi

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN PAGESANGAN SURABAYA

Norista Marliana Dewi

ABSTRAK

Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media CAI yang layak digunakan oleh siswa kelas IV khusunya materi Perubahan Kenampaka Bumi dan juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh media CAI terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pagesangan Surabaya ditemukan masalah bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan menerima penjelasan dari guru. Hal ini disebabkan karena dalam menyampaikan materi guru menggunakan metode ceramah, sedangkan media yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar adalah LKS dan buku paket yang hanya berupa konsep sehingga pemahaman visualisasi siswa kurang. Untuk itu perlu adanya pengembangan media CAI (Computer Assisted Instruction) materi Perubahan Kenampakan Bumi.

Model pengembangan yang digunakan dalam media CAI ini adalah R&D untuk menguji kelayakan media. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur kelayakan media, tes untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media dan metode dokumentasi berupa foto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pagesangan Surabaya.

Hasil uji coba kelayakan media CAI (Computer Assisted Instruction ) kepada ahli materi I 100% (kategori sangat baik) ahli materi II 100% (kategori sangat baik) ahli media I 80% (kategori baik) dan ahli media II 75% (kategori baik. Sedangkan hasil presentase uji coba perorangan 77,5 % (kategori baik) , hasil presentase uji coba kelompok kecil yaitu 88,7 % (kategori baik ) hasil presentase uji coba kelompok besar yaitu 87 % (kategori baik). Berdasarkan data perhitungan d.b = 78 diketahui t – hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 2,17 > 1,66. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CAI (Computer Assisted Instruction) materi Perubahan Kenampakan Bumi dapat meningkat hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pagesangan Surabaya.

Kata kunci : Pengembangan, Media CAI, Perubahan Kenampakan Bumi

CAI MEDIA DEVELOPMENT THE SUBJECT MATTER IPA APPEARANCE EARTH CHANGES TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN CLASS IV SDN PAGESANGAN SURABAYA

The purpose of this development is to generate media CAI which can be used by fourth grade students especially material changes Kenampaka Earth and also aims to determine the effect of media CAI on student learning outcomes. Based on observations in SDN Pagesangan Surabaya found a problem that students have difficulty in understanding the material and received an explanation from the teacher. This is because the delivered materials teachers use the lecture method, whereas the medium used to assist the learning process are worksheets and textbooks were only a concept so that students lack an understanding visualization. For that we need the media development of CAI (Computer Assisted Instruction) material changes appearance of the Earth.

The method used in the development of CAI media is R & D to test the feasibility of the media. Methods of data collection using questionnaires to gauge the feasibility of the media, a test to measure the ability of students before and after using the media and documentation in the form of photographs. The subjects of this study is the fourth grade students of SDN Pagesangan Surabaya.

Results of testing the viability of media CAI (Computer Assisted Instruction) to expert material I 100% (very good category) matter experts II 100% (very good category) media expert I 80% (both categories) and a media expert II 75% (both categories . While the results of individual trials percentage of 77.5% (both categories), the results of testing small percentage of 88.7% (both categories) percentage results of testing large groups, namely 87% (both categories). Based on the calculation db = 78 is known t - count is greater than t-table is 2,17 > 1.66. So it can be concluded that the use of media CAI (Computer Assisted Instruction) Changes in appearance of the Earth's material can increase learning outcomes of fourth grade students at SDN Pagesangan Surabaya

Keywords: Development, Media CAI, Changes Appearance of Earth

Published
2016-05-03
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 629