PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 4 SIDOARJO

  • VIDDO CHRISDIAN Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penggunaan media yang beragam akan menjadikan proses pembelajaran lebih interaktif selama media tersebut sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan masalah belajar yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi energi dalam sistem kehidupan untuk kelas VII SMP di SMPN 4 Sidoarjo. Hal ini karena dalam menyampaikan materi guru menggunakan media yang terbatas yaitu buku serta dengan metode ceramah. Untuk itu perlu adanya pengembangan media Computer Assisted Instruction (CAI) materi Energi dalam Sistem Kehidupan yang layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas VII SMPN 4 Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan adalah R&D Models dari Walter Dick dan Lou Carey. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes.

Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media CAI pada ahli materi I,II, dan III didapatkan katagori sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Uji coba perorangan 90% termasuk dalam katagori sangat baik, uji coba kelompok kecil 91% termasuk dalam katagori sangat baik, sedangkan pada uji coba lapangan 90% termasuk dalam katagori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media CAI dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan uji-t dengan db= N – 1 = 33 – 1 = 32 dan taraf signifikan 5%. Maka nilai ttabel = 2,037 dan thitung adalah 5,49. T hitung <ttabel (5,49 > 2,037), sehingga media yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII/D di SMPN 4 Sidoarjo.

Kata Kunci: Pengembangan, Media, CAI tutorial, IPA.

Abstract

The using of various media will make the learning process more interactive and more interesting as long as the media which used compatible with the material features and students’ requirements. ased on interviews conducted had been founded learning problem that is the low outcomes of student learning in the material energy in living systems for VII grade of junior high school.The typical development that used to developing the media CAI is based on R & D Models of Walter Dick and Lou Carey. Data collection methods which used are interviews, questionnaires, and tests.

Based on the data analysis, the testing results of media CAI tutorial on the subject experts I, II, and III obtained very good category. Media expert I and II obtained excellent results. In individual testing founded 90% in a very good category, in group testing founded 91% included in the category very well, whereas in field testing founded 90% included in the category very well. It can be concluded that the media CAI tutorial in science is appropriate to use in the learning process. As t-test with db = N - 1 = 33-1 = 32 and a significance level of 5%. Then the value t table = 2.037 and tcount is 5.49. T count <t table (5.49> 2.037), resulting a significant difference between the average pre-test and post-test. Consequently, the media which developed has been effective in improving student learning outcomes in VII / D grade at SMPN 4 Sidoarjo

Keywords : CAI, tutorial, science, Interactive

Author Biography

VIDDO CHRISDIAN, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-05-11
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 19