PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN COMMUNICATION SKILLS PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

  • WIDYA KARTIKA

Abstract

Keterampilan komunikasi juga merupakan salah satu kategori dari kecakapan abad 21,dimana dalam keterampilan ini mengacu pada kemampuan individu untuk berkomunikasi dengan jelas secara lisan, tertulis, dan non-verbal. Untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pada mahasiswa, diperlukan suatu upaya yang dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran dan salah satunya melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Pembelajaran berbasis proyek ini merupakan strategi pembelajaran yang memberdayakan mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman baru. Tujuan dari penerapan model pembeajaran ini adalah agar mahasiswa TP 2014B dapat mengembangkan kemampuan komunikasinya dalam menyampaikan hasil proyek yang dikerjakan.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan dua kelas yakni kelas ekperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes, observasi dan angket. Tes dilakukan setelah proses pembelajaran dan digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan dosen dan juga mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Angket digunakan untuk mengetahui respon mahasiswa mengenai model pembelajaran Project Based Learning.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa. Hal ini terlihat dari hasil tes mahasiswa,dimana kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Saat pengamatan dilakukan, dosen dan mahasiswa telah melaksanakan perannya dengan baik. Dosen membimbing dan memotivasi mahasiswa. Dan mahasiswa aktif serta antusias saat pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci : penerapan, model pembelajaran, project based learning, keterampilan komunikasi

ABSTRACT

IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE COMMUNICATION SKILLS FOR HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT COURSE

Communication skill is also a category of 21st century skills, which in this skill refers to the ability of individuals to communicate orally, in writing and non – verbal clearly.To improve communication skills of students , required an effort that can be applied to the learning activities and one of which through the implementation of Project Based Learning model. Project-based learning is an instructional strategy that empowers students to acquire new knowledge and understanding.The purpose of this learning model implementation is that TP 2014B students can improve their communication skills to convey the results of projects that have been undertaken.

This research uses quantitative designs, using two classes namely experimental class and control class. Method of collecting data rely on tests, observation and questionnaires. Test done after the process of learning to see an increase in student results. Observations carried out to observe the activities of lecturer and students during the learning process. The questionnaire used to evaluate the response of the students on the Project Based Learning model.

Based on the research results, it can be seen that there has been an increase in student results. This is evident from the test results in which the experimental class students have an average value higher than the control class. When the observations were made, lecturer and students have been performing its role well. Lecturer guides and motivate students. And students learn actively and enthusiastically when learning takes place.

Keyword: implementation, learning model, project based learning, communication skill

Published
2016-05-19
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 414