PENGARUH METODE MINDSCAPING TERHADAP KEMAMPUAN MERUMUSKAN IDE DASAR IKLAN PADA MATA PELAJARAN IKLAN NON CETAK SISWA KELAS XII DKV DI SMK IPIEMS SURABAYA

  • APRIYANTI NUR ANGGRAENI

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mindscaping terhadap kemampuan merumuskan ide dasar iklan siswa kelas XII DKV di SMK IPIEMS Surabaya. Mindscaping merupakan metode untuk memvisualisasikan ide dengan menggunakan gambar dan kata.

Desain penelitian menggunakan control grouppre tes – pos test yang dilakukan didua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode mindscaping dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan metode mindscaping dan tes digunakan untuk untuk mengukur kemampuan siswa dalam merumuskan ide dasar iklan.

Teknik analisis data menggunakan uji t (t test) yang menghasilkan nilai thitung8,10 > ttabel 2,68 dengan signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode mindscaping dapat berpengaruh meningkatkan kemampuan siswa dalam merumuskan ide dasar iklan.

Kata Kunci : pengaruh, metode mindscaping, kemampuan merumuskan ide dasar iklan.

Abstract

The study aims to determine the effect on the ability to formulate methods mindscaping basic idea DKV ads class XII students in SMK IPIEMS Surabaya. Mindscaping is a method to visualize ideas using pictures and words.

The study design using a control group pre test - post test performed on two classes, namely the experimental class and control class. Class experiments using methods mindscaping and control classes using lecture method. Data collection methods used were observation and tests. Observations conducted to determine the enforceability of the implementation of mindscaping methods and tests used to measure the ability of students to formulate the basic idea of advertising.

Data were analyzed using t test (t test) which produces tcount 8.10 > ttabel 2.68 with 5% significance. The result showed that the method can affect mindscaping improve students' skills in formulating the basic idea of advertising.

Keyword : influence, mindscaping methods, the ability to formulate ideas based of advertising.

Published
2016-05-19
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 72