Pengembangan Modul Part Of Speech (Jenis Kata) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Mojokerto

  • ZIDNI ILMAN N

Abstract

Abstrak

Penulisan dalam bahasa Inggris perlu ditulis dengan baik karena kemampuan menulis berkorelasi signifikan dengan kemampuan bahasa Inggris secara keseluruhan. Vocabulary skill (ketrampilan kosakata) dan grammar skill (ketrampilan tata bahasa) diusulkan oleh banyak peneliti sebagai modal utama dalam menulis teks berbahasa Inggris. Vocabulary skill memiliki kelebihan pada kemudahan mengungkapkan gagasan namun hanya jika menguasai banyak perbendaharaan kosakata sehingga menjadikannya sebuah kelemahan pula. Grammar skill memiliki kelebihan pada ketepatan struktur teks namun memiliki kekurangan dengan banyaknya peraturan tata bahasa yang dirasa siswa membingungkan. Pembelajaran part of speech (kelas kata) dapat memecahkan masalah pada pembelajaran vocabulary dan grammar karena mampu meringkas keduanya sehingga menjadi dasar dalam penguasaan bahasa Inggris yang mana ini tepat diajarkan kepada siswa kelas 7 SMP. Sayangnya, sebagian besar guru SMP merasa kesulitan mengajar part of speech karena kurangnya sumber buku. Pengembangan modul adalah solusi yang terbukti efektif digunakan untuk memecahkan masalah kesulitan guru bahasa Inggris dalam menemukan bahan ajar. Tujuan yang diharapkan dari hasil pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul part of speechsebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis teks berbahasa Inggris untuk siswa kelas VII SMP Negeri 7 Mojokerto. Model pengembangan modul yang digunakan adalah model R&D. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest yakni dengan membandingkan hasil belajar siswa dalam menulis bahasa Inggris sebelum dan sesudah menggunakan modul. Data yang diperoleh dari pre-test dan post-test diolah menggunakan uji t. Hasil perhitungan yang diperoleh adalah t-hitung > t-tabel yakni 7,15 > 2,045 sehingga dapat dikatakan perolehan hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan setelah memanfaatkan modul sebagai bahan ajar pada mata pelajaran bahasa Inggris.

Kata Kunci: pengembangan modul, bahasa Inggris, part of speech.

Abstract

Writing in English needs to be well written because writing skills significantly correlated with overall English skills. Vocabulary skill and grammar skill were proposed by many researchers as the main capital for writing English text. Vocabulary skill has advantages in ease of expressing the idea but only if you master a lot of vocabulary that makes a weakness as well. Grammar skill has advantages in accuracy of text structure but has the disadvantage on the number of grammar rules are too confusing for students. Part of speech can solve problems in vocabulary and grammar learning because it can summarize them so that becomes the basis of English mastery which is appropriate to be taught to 7th grade students of junior high school. Unfortunately, the majority of junior high school teachers find it difficult to teach part of speech due to lack of source books. Development of the module is a solution that proved very effective to solve the problem of the difficulty of English teachers finding teaching materials. Objectives expected from the results of this development is to produce part of speech module in an effort to improve writing skills in English for 7th grade students of public junior high school 7 Mojokerto. This development uses a model of R&D. This research design used one group pretest-posttest, by comparing the result of student learning to write in English before and after using the module. Data obtained from the pre-test and post-test were analyzed by t-test. The calculation result obtained is t-count > t-table is 7.15 > 1,69 so it can be said the learning outcomes of students has increased after using the module as teaching materials on the subjects of English.

Keywords:module development, English, part of speech.

Published
2016-05-19
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 57