Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Peminatan Materi Pokok Perang Dunia I Pada Siswa Kelas XI Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial Di Man 1 Tulungagung
Abstract
Abstrak
Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada berbagai bidang peminatan di SMA atau yang sederajat. Sejarah dalam kurikulum 2013 terbagi atas Sejarah wajib yang diajarkan pada semua bidang peminatan, dan sejarah peminatan yang diajarkan khusus pada Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Sejarah bukan hanya mengajarkan fakta-fakta kejadian masa lalu, namun bagaimana menemukan hubungan sebab-akibat berdasarkan pengalaman yang didapatkan dari setiap kejadian masa lalu. Pada sejarah peminatan, salah satu materi yang memerlukan pemahaman hubungan sebab-akibat tersebut adalah perang dunia I dan pengaruhnya terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan kemampuan video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Perang Dunia I. Objek penelitian adalah peserta didik kelas XI Peminatan Ilmu-ilmu Sosial MAN 1 Tulungagung, terbagi dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan IDI. Pengujian kelayakan video pembelajaran dilakukan dengan melibatkan ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran masing-masing dua orang. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dilakukan uji t dua kelompok.
Setelah dilakukan pengujian dan analisis data, diperoleh hasil yang menunjukkan video pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil uji t menunjukkan nilai t = 2,425 dan t kritik pada dan pada sehingga diketahui 1.672 < 2.394 < 2.425. Dengan demikian, terdapat peningkatan hasil belajar.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan video pembelajaran berhasil dilakukan dengan model IDI. Lebih lanjut, video pembelajaran dinyatakan layak dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Peminatan Ilmu-ilmu Sosial di MAN 1 Tulungagung. Video pembelajaran juga mampu mengatasi masalah belajar pada materi Perang Dunia I Sejarah Peminatan.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran Perang Dunia I, Sejarah Peminatan
Abstract
History is one of lessons that has been taught on any majors in High School. History in 2013’s Curriculum divided as Mandatory History which is been taught in all majors, and Advanced History which is been taught only in Social Science major. It is not only teach about past events, but also how to find causal relations based on experience that has been gained among those events. In advanced History, on of the subject that need that relations is World War I and it's effects to political life, Social-Economy, and international relations.
This research aimed to determine how development process works, it's appropriatness and ability in order to increase student's outcomes especially in World War I Subject Matter. Objects for this research are XI Social Science major class students from Islamic Senior High School 1 Tulungagung, divided into control group and experimental group. It's development process using IDI model. Test for instructional video's appropriateness done through subject, media, and instructional expert group with two experts for each group. Whereas to determine ability of instructional video to increase student's outcome, two group t-test is used.
After all of tests and data analysis, this research gains result which shows that instructional video successfully increase student's outcome. t-test result shows t's value = 2,425 with t's table at and at , so it’s known that 1.672 < 2.394 < 2.425. Thereby, this clarify the increase of student's outcome.
Conclusion of this research shows that instructional video development process had been successfully done with IDI model. Further more, instructional video is clarified as appropriate and be able to improve the outcomes of XI social Science major class. Instructional video also afford to resolve any learning problem on Advanced History's World War I subject matter.
Keywords:Development, World War I’s Instructional Video, Advanced History
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 48
,
PDF Downloads: 130