PENGARUH PENERAPAN METODE DIGITAL STORYTELLING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI MY GRANDFATHER IS a DOCTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI III SURABAYA

Authors

  • IDA CHOLIFAH NURCIPTO

Abstract

Abstrak

Rendahnya nilai hasil belajar siswa pada materi my grandfather is a doctor menjadi faktor penyebab adanya permasalahan, di mana siswa tidak bisa mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Dari 36 siswa hanya 11 siswa yang mencapai nilai KKM tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode digital storytelling mata pelajaran Bahasa Inggris materi my grandfather is a doctor untuk siswa kelas VII MTs Negeri III Surabaya.

Subjek penelitian terdiri dari kelas VII A-B sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Adapun desain penelitian yang digunakan ialah true experimental design dengan instrument berupa observasi, tes dan dokumentasi.

Hasil analisis data yang diketahui pada observasi siswa di kelas eksperimen VII A dan VII B yang diperoleh dengan N = 35-1 = 34. Signifikansi 5%diperoleh 0,334 < 1, sehingga data yang dianalisis menunjukkan adanya persamaan antara observer I dan II di kelas eksperimen. Maka diperoleh hasil rata-rata 100% yang dapat dikategorikan “baik sekali”. Hasil belajar siswa didapatkan melalui tes tertulis dengan menggunakan rumus One-Way Anova yang dilakukan dengan aplikasi statistik SPSS Versi 20 diperoleh = 13,891 dengan nilai probabilitas (Sig.) = 0,000, sedangkan diketahui = 2,26 untuk probabilitas 0,05. Sedangkan nilai probabilitas signifikansi diperoleh sebesar 0,000. Oleh karena itu, nilai probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05 maka di tolak, yang berarti ada pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa yang membuat post-test kelas eksperimen meningkat adalah perlakuan yaitu metode digital storytelling.

Kata Kunci: Penerapan, Metode digital storytelling, Bahasa Inggris, hasil belajar.

Abstract

The problem in this research contentsisabout the low grade of the students in the material my grandfather is a doctor. The students can not gain standart minimum (KKM) is 75 that the school have decided. From 36 students only 11 students who gained the standart minimum (KKM). The purpose of this research is to enhancethestudent’slearning activity andstudyresult byapplying the Implementation ofdigital storytelling method in the material my grandfather is a doctor at VII class in MTSN III Surabaya .

Subjects of this study consisted of class VII A and VII B as the experimental class, while the class VII C as controls. The study design used is true experimental design to study the instrument in the form of observation, testing and documentation.

The results analysis of the data known at the observation experiment of students in grade VII A and VII B obtained with N = 35-1 = 34. The significance 5% is acquired 0.334 < 1, so the data analyzed indicate parallels between observer I and II in class experiments. Then the average results obtained 100% that can be categorized as "excellent". Student learning outcomes acquired through a written test using One-Way Anova formula made with statistical applications SPSS Version 20 shows = 13.891 with probability values (Sigs.) = 0.000, while known = 2.26 probability for 0.05. While the significance probability value acquired0.000. Therefore, the value of the probability of significance 0.000 < 0.05 then decline, which means there is a significant influence. So it can be stated that the reason makes post-test grades increased experimentation is the treatment method of digital storytelling.

Keywords: application, digital storytelling method, English language, learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-06-29
Abstract views: 131 , PDF Downloads: 192