PENGEMBANGAN CAI ( COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONS) MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR PLUS AT-TAQWA BRONDONG LAMONGAN

Authors

  • IZZATUL MARIFAH

Abstract

PENGEMBANGAN CAI ( COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONS) MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR PLUS AT-TAQWA BRONDONG LAMONGAN

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media Computer Assisted Instructions model tutorial yang layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajran pada mata pelajaran IPA materi Proses Pembentukan Tanah. Pengembangan media ini menggunakan model pembelajran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementations, dan Evaluation). Sasaran pengembangan dalam penelitian ini dalah siswa kelas V Sekolah Dasar Plus At-Taqwa Brondong.

Dari semua aspek reviewer materi mendapatkan prosentase sebanyak 98%(sangat baik). Aspek reviewer ahli media mendapatkan prosentase sebanyak 77,33%(baik). Data yang didapat pada uji coba perorangan sebanyak 3 siswa mendapatkan prosentase nilai sebanyak 88,67%(sangat baik). Sedangkan data yang didapat pada uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa dengan prosentase sebanyak 93%(sangat baik) dan uji coba kelompok besar sebanyak 20 siswa mendapatkan prosentase 96,5% (sangat baik). Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran CAI pengembang menggunakan perbandingan uji t pretest dan uji t postest. Uji t pretest menghasilkan uji t hitung lebih kecil dari t tabel (0,32<2,02) , sedangkan uji postest manghasilkan uji t hitung lebih besar dari t tabel (4,1>2,02). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam menggunakan media CAI pada siswa kelas V SD Plus At-taqwa Brondong siswa mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan pada materi proses pembentukan tanah.

Kata Kunci: Pengembangan Media, CAI tutorial, Proses Pembentukan Tanah.

Abstract

This study was conducted to generate media Computer Assisted Instructions use the tutorial models for appropriate and effective for use in the learning process of science subjects of Soil formation process. This development media using model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementations, and Evaluation). Target development in this study were students of class V Plus Elementary School At-Taqwa Brondong.

Of all aspects of the material reviewer get a percentage as much as 98% (excellent). Aspects media expert reviewer to get a percentage as much as 77.33% (excellent). Data of individual testing of three students get a percentage 88.67% (excellent). While the data of a small group testing of 10 students get percentage value of as much as 93% (excellent) and large groups testing of 20 students get a percentage of 96.5% (excellent). So, developers use of comparation of t test of pretest and t test of postets. For t test of pretest produce tcount is smaller than ttable (0.32 <2.02) , and t test of postest produce tcount is greater than ttable (4.1> 2.02). It can be concluded that the use of media CAI of Class V in At-Taqwa Elementary School Brondong learning outcomes of students has increased significantly in the material process of soil formation.

Keywords: Development Media, CAI tutorial, soil formation process.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-06-29
Abstract views: 44 , PDF Downloads: 65