PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN TENTANG TROUBLESHOOTING DALAM MATA PELAJARAN REPARASI KOMPUTER BAGI SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GRESIK 1
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk media modul pembelajaran untuk materi troublesooting pada kelas XI di MAN 1 Gresik. Media modul pembelajaran ini diharapkan efektif dan layak digunakan dalam proses belajar peserta didik pada mata pelajaran tata busana. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Modul ini terdiri atas lima langkah yaitu : 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluate). Hasil uji kelayakan media modul ini berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media melalui wawancara terstruktur adalah layak digunakan dalam pembelajaran dengan revisi. Sedangkan hasil angket uji coba produk kepada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Gresik 1, dapat disimpulkan bahwa : a) Hasil Presentase uji coba perorangan, yaitu aspek (1) 90% (sangat baik), aspek (2) 85% (sangat baik), dan aspek (3) 88,3% (sangat baik); b) Hasil uji coba kelompok kecil, yaitu aspek (1) 100% (sangat baik), aspek (2) 91% (sangat baik), dan aspek (3) 87% (sangat baik); dan c) Hasil uji coba kelompok lapangan, yaitu aspek (1) 94% (sangat baik), aspek (2) 85% (sangat baik), dan aspek (3) 93% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media modul ini dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Selain itu, hasil perhitungan berdasarkan uji lapangan menggunakan 1 kelas dengan taraf signifikan 5%, maka didapat d.b = N-1 = 27-1 = 26. Sehingga thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 14,937 > 2,056. Dengan demikian dapat disimpulkan dari data hasil belajar dengan menggunakan media modul cetak troubleshooting mengalami peningkatan sehingga media tersebut bisa dinyatakan efektif dalam mata pelajaran pada materi troubleshooting untuk siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Gresik 1. Kata Kunci: Pengembangan, Media Modul, Troubleshooting
Abstract
This study aims to produce a media product learning modules for the material in class XI troublesooting in MAN 1 Gresik. Media learning module is expected to be effective and feasible in the learning process of students in the subjects of fashion. This learning module has a physical form A5 size. The development method used is the model ADDIE. This consists of five steps: 1) analysis (analyze), 2) design (design), 3) development (development), 4) implementation (implementation), and 5) evaluation (Evaluate). The results of this feasibility test media module based on the results of expert validation of materials and media experts through a structured interview are eligible for use in learning to revision. While the results of the questionnaire testing products to a class XI student of Madrasah Aliyah Gresik District 1, it can be concluded that: a) Results Percentage of individual testing, namely the aspects (1) 90% (excellent), aspect (2) 85% (excellent) , and the aspect (3) 88.3% (very good); b) The results of trials of small groups, namely the aspect (1) 100% (excellent), aspect (2) 91% (very good), and the aspect (3) 87% (very good); and c) Results of field trials group, namely the aspect (1) 94% (excellent), aspect (2) 85% (very good), and the aspect (3) 93% (excellent). It can be concluded that the development of this module media categorized as very good and fit for use. In addition, the calculation results based on field tests using a 1st class with significant level of 5%, then obtained d.b = N-1 = 27-1 = 26. So thitung greater than ttable, ie 14.937> 2.056. It can be concluded from the data result of learning using print media troubleshooting module increased so that the media can be expressed effectively in subjects on the material troubleshooting for class XI student in Madrasah Aliyah Gresik 1. Keywords: Development, Media Modules, Troubleshooting
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

