PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN MATERI SERAT TEKSTIL PADA MATA PELAJARAN TATA BUSANA BAGI SISWA KELAS X DI MAN 1 GRESIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk media modul pembelajaran untuk materi serat tekstil pada kelas x di MAN 1 Gresik. Media modul pembelajaran ini diharapkan efektif dan layak digunakan dalam proses belajar peserta didik pada mata pelajaran tata busana. Modul pembelajaran ini memiliki bentuk fisik berukuran A5. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Modul ini terdiri atas lima langkah yaitu : 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluate). Hasil uji kelayakan media modul ini berdasarkan hasil validasi ahli materi adalah layak digunakan, validasi ahli media adalah layak digunakan, hasil uji coba perorangan adalah 78,5% (baik), dan hasil uji coba kelompok kecil adalah 77,3% (baik). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media modul dinyatakan layak dan dapat membantu proses belajar peserta didik secara mandiri. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus uji t, hasil dari perbandingan pre test kelas eksperimen dengan pre test kelas control adalah sama atau tidak ada perbedaan. Dan hasil dari perbandingan post test kelas eksperimen dengan kelas control adalah mean post test kelas ekspermen lebih bagus daripada mean post test kelas control, padahal dari hasil pre test kedua kelas adalah sama. Jadi yang membedakan adalah perlakuan. Sehingga media modul pembelajaran ini adalah efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x di MAN 1 Gresik pada mata pelajaran tata busana materi serat tekstil.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Modul, Serat Tekstil
Abstract
This study aims to produce a media product learning modules for the textile fiber material at a grade x in MAN 1 Gresik. Media learning module is expected to be effective and feasible in the learning process of students in the subjects of fashion. This learning module has a physical form A5 size. The development method used is the model ADDIE. This consists of five steps: 1) analysis (analyze), 2) design (design), 3) development (development), 4) implementation (implementation), and 5) evaluation (Evaluate). The results of this feasibility test media module based on the results of expert validation material is fit for use, media expert validation is fit for use, the results of individual trials was 78.5% (good), and a small group of test results was 77.3% (good). It can be concluded that the development of media modules to be eligible and can help the learning process of students independently. Based on calculations using the formula t test, the results of pre-test comparison of the experimental class with a pre-test grade control is equal to or no difference. And the results of the comparison post test experimental class with a grade control is the mean post test ekspermen class better than the mean post-test grade control, whereas the results of the pre-test the two classes are the same. So the difference is the treatment. Media so that this learning module is effective and can improve the learning outcomes of students in class X MAN 1 Gresik on the subjects of fashion textile fiber material.
Keywords: Development, Media Modules, Fiber Textiles
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

