PENGEMBANGAN MEDIA MODUL UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF MULTIMEDIA STANDART KOMPETENSI MENGIDENTIFKASI ALIR PROSES PRODUKSI PRODUK MULTIMEDIA PADA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK PEMUDA KRIAN

Authors

  • SETYA RENY ANGGRAENI

Abstract

Abstrak

Mata pelajaran produktif multimedia merupakan mata pelajaran wajib yang harus ada pada sekolah menengah kejuruan pada program studi multimedia, pada penelitian ini rumusan masalahnya adalah :

Diperlukannya pengembangan media modul yang layak dan efektif untuk mata pelajaran produktif multimedia standart kompetensi mengidentifkasi alir proses produksi produk multimedia untuk siswa kelas X multimedia di SMK Pemuda Krian.Diperlukannya uji kelayakan pada pengembangan media modul untuk mata pelajaran produktif multimedia standart kompetensi mengidentifkasi alir proses produksi produk multimedia untuk siswa kelas X multimedia di SMK Pemuda Krian.Diperlukannya uji efektifitas pada pengembangan media modul untuk mata pelajaran produktif multimedia standart kompetensi mengidentifkasi alir proses produksi produk multimedia untuk siswa kelas X multimedia di SMK Pemuda Krian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses

Untuk mengetahui pengembangan media modul yang efektif dan efisien untuk mata pelajaran produktif multimedia standart kompetensi mengidentifkasi alir proses produksi produk multimedia untuk siswa kelas X multimedia di SMK Pemuda Krian.Untuk mengetahui kelayakan pada pengembangan media modul untuk mata pelajaran produktif multimedia standart kompetensi mengidentifkasi alir proses produksi produk multimedia untuk siswa kelas X multimedia di SMK Pemuda Krian.Untuk mengetahui efektifitas pada pengembangan media modul untuk mata pelajaran produktif multimedia standart kompetensi mengidentifkasi alir proses produksi produk multimedia untuk siswa kelas X multimedia di SMK Pemuda Krian.

Pengembangan media pembelajaran ini tak luput dari spesifikasi isi dari media modul yang dintaranya yaitu :

Media Modul PembelajaranIsi pada media modul ini disesuaikan dengan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran produktif multimedia standart kompetensi mengidentifkasi alir proses produksi produk multimediadi SMK Pemuda Krian.Diproduksi dalam bentuk cetak pada kertas 100 gram.Setiap bab terdapat tujuan pembelajaran, materi, uraian atau lembar evaluasiMateri pada modul terdiri atas 4 bab sesuai dengan Kompetensi dasar yang terdapat pada silabus pembelajaranModul berukuran A5Cover didesain sesuai dengan mata pelajaran dan karakteristik siswa kelas XPada modul terdapat bagan dan gambar sebagai pendukung penjelas materiMenggunakan jenis font AndalusMenggunakan spasi 1,15 dengan ukuran font 12RPP bermodul

Objek penelitian adalah siswa kelas X multimedia di SMK Pemuda Krian. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development). Pengujian media modul pembelajaran ini melibatkan ahli media dengan jumlah perolehan presentase 87,5% dan ahli materi dengan jumlah presentase 85%. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media modul pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar dilakukan uji coba individu dengan jumlah presentase 78,5%, uji coba kelompok kecil 90,4%, uji coba kelompok besar dengan jumlah presentase 87,4%, dan perhitungan dengan menggunakan uji t yang mendapatkan jumlah presentase 25,66%.

Berdasarkan perhitungan dengan taraf signifikan 5%, nilai d.b= 31 – 1 = 30, kemudian diperoleh : 1,70 Dengan demikian lebih besar dari yaitu 25,66 > 1,70. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan media Modul Pembelajaran dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada Produktif Multimedia Standart Kompetensi Mengidentifikasi Alir Proses Produksi Produk Multimedia di SMK Pemuda Krian.

Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Produktif Multimedia, Multimedia

Abstract

Productive Multimedia is mandatory lesson that has to be teached in vocational high schools multimedia course Productive multimedia is mandatory lesson that has to be taught in vocational high school's multimedia course, Main Problem in this research are:

It is need to develop proper and effective module's media for productive multimedia's lesson with competence standard is to identify multimedia pdouct(s) production flow for 10th Multimedia Class Student at Vocational High School Pemuda Krian.It is need to imply proper test in development of module's media for productive multimedia's lesson with competence standard is to identify multimedia pdouct(s) production flow for 10th Multimedia Class Student at Vocational High School Pemuda Krian.It is need to imply effectifity test in development of module's media for productive multimedia's lesson with competence standard is to identify multimedia pdouct(s) production flow for 10th Multimedia Class Student at Vocational High School Pemuda Krian.

This research is aim to :

To know the development of an effective and efficient module media for productive multimedia's lesson with competence standard is to identify multimedia pdouct(s) production flow for 10th Multimedia Class Student at Vocational High School Pemuda Krian.To know properness in module media's development for for productive multimedia's lesson with competence standard is to identify multimedia pdouct(s) production flow for 10th Multimedia Class Student at Vocational High School Pemuda Krian.To know effectiveness in module's media development for productive multimedia's lesson with competence standard is to identify multimedia pdouct(s) production flow for 10th Multimedia Class Student at Vocational High School Pemuda Krian.

Specification of this instructional media is:

Instructional Module's mediaContent of this module is suit with the Basic Competence in for productive multimedia's lesson with competence standard is to identify multimedia pdouct(s) production flow for 10th Multimedia Class Student at Vocational High School Pemuda Krian.Printed in 100 gram PaperEach chapter consist of instructional goal, content, explanation and evaluation's PaperThis module consist of four chapters, mutual with basic competence that stated in instructional's syllabusA5 sized PaperCover is designed mutual with lessons and 10th student's characteristicsContent of this module including chart and picture as support for the contentsUsing Andalus frontDesigned with 1,15 space and 12 font SieInstructional Application's Plan

Object of this research is 10th class student in Pemuda Krian Vocational High School. this development use R&D (Research and Development). Instructional module media's test engage media expert with percentage is 87,5% and material expert percentage 85%. Whereas to know effectiveness of the instructional module in order to increase student's outcome is applied with individual with percentage 78,5%, small group test 90,4%, larger group percentage 87,4%, and using t test to get percentage 25,66%.

Based in data analysis with significance level at 5%, d.b. value = 31 – 1 = 30, obtain ttable : 1,70, therefore tcount is more that ttable point, that is 25,66 > 1,170. From recent statement, it can be concluded that use of Instructional Module Media to identify Multimedia Product(s) Production Flow increase Student’s learning outcome in Productive multimedia’s lessons with competency standart to Identify Multimedia Product(s) Production Flow in Vocational High School (SMK) Pemuda Krian.

Keywords : Development, Module, Productive Multimedia, Multimedia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-06-29
Abstract views: 26 , PDF Downloads: 35