PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI I LOVE THINGS AROUND ME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 26 SURABAYA

Authors

  • ASRULY WULANDARI

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI I LOVE THINGS AROUND ME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 26 SURABAYA

Asruly Wulandari, Utari Dewi

S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
asrulywulandari@gmail.com

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 26 Surabaya mata pelajaran Bahasa Inggris materi I Love Things around Me kelas VII diperoleh informasi bahwa 50% dari jumlah siswa sebanyak 38 siswabelum mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) keseluruhan yaitu 80. Siswa mengalami kesulitan dalam materi kata ganti orang subject/object, cardinal/ordinal number, penambahan s/es pada benda jamak, article a/an pada benda tunggal. Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media CAI materi I Love Things around Me pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, dan tes. Wawancara digunakan untuk memperoleh data validasi ahli materi dan media, angket digunakan untuk memperoleh data uji coba produk, tes digunakan untuk memperoleh data pretes dan posttest.Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D), dikarenakan setiap langkahnya jelas dan efisien dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hasil penelitian di SMPN 26 Surabaya menunjukkan bahwa hasil wawancara ahli materi diperoleh 80% (baik sekali), sedangkan hasil dari wawancara ahli media diperoleh 94,16% (baik sekali). Hasil uji coba perorangan diperoleh 90,38% (baik sekali), hasil uji coba kelompok kecil diperoleh 86,11% (baik sekali), hasil uji coba kelompok besar diperoleh89,13% (baik sekali). Analisis data uji t-test diperoleh rata-rata uji coba posttest (90,45) lebih besar dari nilai pretest (57,97). Berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifkan 5% d.f. =37-1 = 36, sehingga di peroleh t tabel = 1.68830 sedangkan t hitung 5,89912. Sehingga t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,89912>1,68830. Dengan demikian perbedaan pretes dan posttest terserbut dinyatakan mengalami perbedaan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya media CAI pada mata pelajaran Bahasa Inggris, sehingga media CAI terserbut dinyatakan layak dan efektif dalam pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi I Love Things Around Me di kelas VII E SMP Negeri 26 Surabaya Tahun Pelajaran 2015/1016.

Kata Kunci: Pengembangan, Media CAI, Bahasa Inggris, hasil belajar.

Abstract

Based on observations conducted at SMPN 26 Surabaya subjects in English material I Love Things around Me class VII the developers get the information that 50% of students from 38 students have not reached the KKM (Criteria Complete Minimal) that is 80. Students having difficulty in the material the personal pronoun subject/object, cardinal/ordinal number, s/es on plural noun, article a/an on single objects. This Research Development aims to produce media CAI on English subject material I Love Things around Me that is expected to improve student learning outcomes. The type of data using quantitative data and qualitative data. Data collected by using interviews, questionnaires, and tests. Interviews are used to obtain data on material and media expert validation, the questionnaire used to obtain data on product testing, test is used to get data on the pretest and posttest. The development method used the model of Research and Development (R&D), because in every step is clear and efficient implementation. Based on the results of research in SMPN 26 Surabaya shows that the interview subject matter experts obtained 80% (excellent), while results from media expert interview obtained 94.16% (excellent). The results of individual testing obtained 90.38% (excellent), a small group of test results obtained 86.11% (excellent), a large group of test results obtained 89.13% (excellent). Analysis of data obtained t-test average posttest trial (90.45) is greater than the pretest value (57.97). Based on testing using significantly the level of 5% d.b. = 37-1 = 36, so that the obtained t table = 1.68830 while t count 5.89912. So that, t count is greater than t table is 5.89912> 1.68830. Thus the differences in pretest and posttest otherwise experiencing a significant difference. It can be concluded that learning outcomes of students has increased after the implementation of media CAI on English subjects, so the media CAI be feasible and effective in English subject material I Love Things around Me in class VII E SMPN 26 Surabaya Academic Year 2015/2016.

Keywords: Development, Media CAI, English, learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-06-29

How to Cite

WULANDARI, A. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI I LOVE THINGS AROUND ME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 26 SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/15832
Abstract views: 89 , PDF Downloads: 68