Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Jajar Tunggal III Surabaya
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang hasil belajarnya belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal ini tentunya di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor eksternal salah satunya adalah orang tua dan disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi atau korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah untuk mengetahui tingkat hubungan antara tiga variabel yaitu (tingkat pendidikan orang tua, disiplin belajar, dan prestasi belajar siswa), tanpa melakukan perubahan, tambahan atau manipulasi terhadap data yang memang sudah ada. Sedangkan pendekatan data kuantitatif adalah semua informasi atau data yang diperoleh dalam bentuk angka. Sampel yang digunakan 102 siswa kelas V SDN Jajar Tunggal III Surabaya. Hasil penelitian yang berwujud data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistika. Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi sebesar 0,597. Ini menunjukkan variabel tingkat pendidikan orang tua dan disiplin belajar siswa mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa sebesar 59,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa
Kata Kunci : Korelasi; Tingkat Pendidikan Orang Tua; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar
ABSTRAC
THE RELATIONSHIP OF EDUCATION LEVEL OF PARENTS AND STUDENTS LEARNING DISCIPLINE THROUGH THE ACHIEVEMENT OF STUDENTS ENGLISH LEARNING IN V GRADE SDN JAJAR TUNGGAL III SURABAYA
This study was motivated by the study results of some students that did not reach the KKM (Minimum Criteria for completeness). This was certainly influenced by several factors such as internal and external factor. External factor is the parents and learning discipline. The purpose of the study is to explore the relationship between parental education and discipline of learning on student achievement. The method used is a correlation or correlational research with quantitative approach. Research conducted by the researcher was to assess the relationship between three variables (parental education, learning discipline, and student achievement), without making any changes, additions or manipulation of data that was already there. While the approach of quantitative data is any information or data obtained in the form of numbers. The sample used was 102 students of V grade SDN Jajar Tunggal III Surabaya. The result of the study was analyzed by using statistical techniques. The result of the study showed the determination coefficient of 0.597. It evoked the variables education level of parents and students learning discipline has a significant relationship with the achievement of English learning students by 59.7%. Therefore, there was a significant relationship between the level of parents education and discipline of student learning through the achievement of students English learning.
Keywords: Correlation; Education Level of Parents; Learning discipline; Learning achievement
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

