Pengembangan Modul Tentang Cara Membuat Story Board Materi Aplikasi Multimedia Pada Mata Pelajaran Produktif Untuk Siswa SMK Kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Yapalis Krian
Abstract
Pembelajaran produktif multimedia story board aplikasi multimedia bertujuan agar para siswa dapat mengkomunikasikan ide atau gagasannya dalam menyusun sebuah program aplikasi multimedia dengan baik secara teori ataupun praktik. Mata pelajaran Produktif tentang story board aplikasi multimedia mengharuskan siswa untuk mengerti dan memahami teknik-teknik pengambilan gambar, format serta visualisasi dalam story board. Dalam hal ini media modul story boardaplikasi multimedia merupakan media pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar.
Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah pada rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Yapalis Krian.Berdasarkan sampel yang diambil, dari 12 siswa kelas XI Multimedia 1 terdapat 3 siswa yang mendapatkan nilai sesuai SKM (70) dan 9
siswa lainnya kurang dari SKM. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul story boardaplikasi multimedia dan untuk mengetahui efektivitas modul story board aplikasi multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Yapalis Krian.
Model dan prosedur pengembangan yang digunakan yaitu R & D Borg and Gall. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu: review dengan ahli materi dan ahli media,evaluasi dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan yaitu dengan kelompok besar dan untuk mengetahui hasil belajar, pengembang melakukan eksperimen semu. Pengumpulan data menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif presentase. Sedangkan data eksperimen semu di hitung menggunakan rumus uji t dua sampel bebas. Hasil uji coba kepada dua ahli materi yaitu 100 % dan uji coba kepada dua ahli media yaitu 88,57%. Sedangkan hasil uji coba perorangan yaitu 86 %, uji coba kelompok kecil yaitu 93,88 %, dan uji coba kelompok besar yaitu 95,75%. Hasil uji t memperoleh data 1,70 < 6,3 maka hasil tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar.
Kata kunci: Borg and Gall, modul, multimedia,pengembangan, story board.
Abstract
Productive learning at school aims to enable the student to communicate ideas or concepts to develop a multimedia application programs with both theory and practice.Productive learning about story board multimedia application, requires the students to understand and comprehend the technique of shooting, format and visualization of story board. In this case, module story board application multimedia is instructional media that suitable to assist students in increase learning outcomes in productive learning.
Based on the observation, there was a problem at the low learning outcomes in class XI Multimedia students of SMK Yapalis Krian.Based on the samples that have been taken from 12 students there were 3 students who get the appropriate value SKM (70) and 9 other student less than SKM. This development purposed to determine the feasibility of module story board multimedia application and to know the effectiveness of this media in improving the students learning outcomes for class XI Multimedia in SMK Yapalis Krian.
The development of models and also the procedures that the writer used were R & D by Borg and Gall. In the implementation of the test took several stages, they were a review of material expert and media expert, evaluation of individual testing, small group testing, the field trial with a large group and to know the students learning outcomes, developer did quasi-experiment. Collected the data using questionnaires and then analyzed them using descriptive formula percentage. While the quasi-experimental data was calculated using the formula of two independet sample t-test.
The result of two material experts testing was 100 % and two media experts testing was 89,15%. While individual testing was 86 %, small group testing was 93, 88 %, and large group was 95,75 %. The t-test result was 1,70 < 6,3 , means there was an improvement in the students’ learning outcomes.
Key words: Borg and Gall, development, module, multimedia, story board.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

