PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTED (CAI) TENTANG BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN SEGITIGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 MOJOSARI

Authors

  • Linda Setya Mawarni

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTED(CAI) TENTANG BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN SEGITIGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 MOJOSARI

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk media Computer Assisted Instructed dengan menggunakan model game yang layak dan efektif dalam proses pembelajaran mata pelajaran Matematika tentang Bangun Datar Segiempat dan Segitiga. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan R&D dari Borg and Gall dalam Sugiyono. Sasaran pengembangan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Mojosari.

Dari aspek reviewer ahli materi mendapatkan prosentase 93% (sangat baik), reviewer ahli media mendapatkan prosentase 85% (sangat baik). Data yang didapat pada uji coba perorangan sebnayak 3 siswa mendapatkan prosentase 97,26% (sangat baik). Sedangkan data yang didapat pada uji coba kelompok kecil sebanyak 9 siswa mendapatkan prosentase 91,33% (sangat baik) dan uji coba kelompok besar dilakukan kepada 32 siswa mendapatkan prosentase 92,76% (sangat baik). Selanjutnya untuk mengetahui kefektifitasan media CAI diperoleh perhitungan tes dari tabel taraf siginfikansi 2,040. Jadi, thitung lebih besar dari t tabel yaitu 15,06 > 2,040. Sehingga dapat disimpulkan dari data hasil belajar dengan menggunakan Media Computer Assisted Instruction (CAI)Bangun Datar Segiempat dan Segitiga mengalami peningkatan sehingga media tersebut bisa dinyatakan efektif dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan Media, CAI game, Bangun Datar Segiempat Dan Segitiga

Abstract

This study is aimed to obtain Computer Assisted Instructed media product by using a proper and effective model games in Mathematics courses learning process about triangular and quadrilateral matter. This media development adopts R&D development model from Borg and Gall on Sugiyono. The development subject of this study is the students of seventh grade of SMPN 1 Mojosari.

The results of this study is that the matter experts reviewer obtain 93% percentage (excellent), while media experts reviewer obtain 85% (excellent). The data obtained from individual trial test as many as 3 students is 97,26% percentage (excellent). Furthermore, the data obtained from small group trial test in which 9 students as the subjects is 91,33% percentage (excellent);while the big group trial test accomplished on 32 students is 92,76% percentage (excellent). In addition, to extablish the efectiveness of CAI media the test calculation is got from significance table level 2,040. So, the count is greater than the table which is 15,06 > 2,040. Thus, it can be concluded that from the learning results using Media Computer Assisted Instructed (CAI) on triangular and quadrilateral matter is increased so that these media can be expressed as an effective media in learning process.

Keywords : Media Development, CAI Games, Triangular And Quadrilateral Matter

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-18

How to Cite

Setya Mawarni, L. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTED (CAI) TENTANG BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN SEGITIGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 MOJOSARI. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/15954
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 30