PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI MATERI POKOK PEMBUATAN OBYEK PADA APLIKASI ANIMASI 2 DIMENSI KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK MAHARDIKA SURABAYA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa Media CAI (Computer Assisted Instruction) sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Materi Pokok Pembuatan Obyek pada Aplikasi Animasi 2 Dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, pada media CAI berisi tentang materi yang dikemas dalam bentuk audio visual yang berisi gambar fitur yang menarik didalamnya antara lain: gambar, teks, animasi, video, dan suara.
Model pengembangan yang digunakan adalah model DDDE (Decide, Design, Develop and Evaluate) oleh Ivers dan Barron. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu review dengan ahli materi dan ahli media, evaluasi dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media CAI. Teknik analisis menggunakan perhitungan PSA, PSP dan teknik uji t untuk tes.
Berdasarkan hasil validasi kedua ahli materi mendapatkan prosentase sebanyak 92,67% dan hasil validasi kedua ahli media mendapatkan prosentase sebanyak 91,75%, menurut kriteria penilaian termasuk kategori sangat baik. Untuk data perolehan uji t nilai pretest dan postest yang dilakukan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda. Dan dari perolehan perhitungan uji t nilai postest diperoleh nilai thitung =2,454 dan apabila dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan 5% dan db=54 maka diperoleh ttabel = 2,00488. Sehingga dapat disimpulkan bahwa besar thitung = 2,454 > ttabel = 2,00488, maka dapat dikatakan bahwa media CAI yang digunakan sudah efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, CAI, Animasi 2 Dimensi
Abstract
The purpose of this media development is to produce a product of media CAI (Computer Assisted Instruction) as a media learning in the subject animation 2 dimensions subject matter of making an object on the application animation 2 dimensions to improve learning outcomes students, In a media CAI containing about material packed in the form of multimedia in which there is a picture, the text, animation, video, and sound.
Model of development used is the model DDDE (Decide , Design , Develop and Dvaluate) by Ivers and Barron. In the implementation of the trial was done some steps, the review in the matter and media experts, evaluation to trial of individuals, the trial small group, and a pilot large groups. An instrument data collection using interviews, documentation, the survey and tests to know study results students after using media CAI. Analysis technique used calculation of PSA (Assessment of Each Aspect), PSP (Percentage of Each Program) and test t technique to be tested.
Based on the results of validation second the people of material get prosentase as many as 92,67 % and the results of validation second media experts get prosentase as many as 91,75 %, cccording to the criteria for assessing which is in the category of very good. To fixed data test t value pretest and postest was done with class experimentation and class control have the ability early that is not very different. And of its test scores calculation t postest obtained value thitung = 2,454 when compared with standard ttabel with significant 5% and db = 54 and obtained ttabel = 2,00488 . So that we can conclude that large thitung = 2,454 > ttabel = 2,00488 , it can be said that media CAI used have been effective and can improve student learning outcomes.
Keywords: Development , CAI , Animated 2 Dimension
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

