PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA PELAJARAN TEHNIK PENGOLAHAN AUDIO PADA SISWA KELAS XII MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SURABAYA

Authors

  • SARI NOER WULANDARI

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA PELAJARAN TEHNIK PENGOLAHAN AUDIO PADA SISWA KELAS XII MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SURABAYA

 

Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio merupakan salah satu mata pelajaran produktif pada jurusan multimediayang aktifitas pembelajarannya lebih banyak praktik, namun dalam praktik harus menggunakan teori. Modul elektronik adalah bahan ajar yang dikemas secara sistematis dalam bentuk penyajian bahan belajar dalam format digital atau elektronik yang bersifat Self Instruction, Self Contained, Stand Alone, Adaptif, dan User Friendly yang memuat suatu materi pembelajaran. Siswa diharapkan lebih utama dalam memanfaatkan modul elektronik. Mata pelajaran yang membutuhkan belajar mandiri adalah mata pelajaran tehnik pengolahan audio.

Tujuan pengembangan modul elektronik adalah untuk: (1) menghasilkan dan mengetahui kelayakan media modul Elektronik dengan materi pada mata pelajaran pengolahan tehnik audio untuk siswa kelas XII – Multimedia SMKN 1 Surabaya. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan modul elektronik terhadap hasil belajar siswa kelas XII Multimedia di SMK Negeri 1 Surabaya pada mata pelajaran pengolahan tehnik audio.

Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) menurut Sugiyono. Teknik pengumpulan data dari ahli materi dan ahli media menggunakan teknik angket, sedangkan untuk siswa menggunakan angket dan tes. Hasil wawancara kepada ahli materi dan ahli media sebagai acuan untuk merevisi produk yang dikembangkan, sedangkan hasil tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul elektronik.Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan pada hasil belajar siswa kelas control dan kelas eksperiment.

Berdasarkan hasil analisis data dari angket dengan ahli materi dan media menyimpulkan bahwa media baik sekali. Dan dibuktikan juga dengan hasil uji coba angket kelompok kecil dikategorikan baik sekali dengan perolehan presentase 96%, dan hasil uji coba angket kelompok besar dikategorikan baik sekali dengan perolehan presentase 96,9%. Sehingga pada hasil nilai dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada kelas control dan kelas eksperiment menggunakan analisis data uji tes diperoleh adalah 8,098dan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 2,68, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan media modul elektronik berhasil dilakukan dengan model R&D menurut Sugiyono. Modul elektronik dinyatakan layak dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Multimedia di SMK Negeri 1 Surabaya.

Kata kunci: Pengembangan modul elektronik, Multimedia, Hasil belajar

ABSTRACT

 

DEVELOPMENT OF ELECTRONIC MODULE ON AUDIO PROCESSING TECHNIQUE’S SUBJECT FOR XII MULTIMEDIA MAJOR CLASS STUDENT IN SMKNEGERI 1 SURABAYA

 

Audio Processing Technique Lesson is one of productive lesson on Multimedia Major which is focused in practice, however it is still need theories. Electronic module. Electronic module is learning source that has been systematically packed in digitalized or electronic learning source presentation format which is Self-instructed, self-contained, stand alone, adaptive and user Friendly that contain an instructional subject’s material. Student is preferred to use electronic module. Subject that need self-learning is audio processing. Its characteristics is productive or practical subject which is based on previous theory.

Objectives of Development of electronic module is (1) To Produce Electronic module media with material is obtained from Audio Processing Technique for XII Multimedia Major Class Students in Vocational High School 1 Surabaya. (2) To find out of using Electronic module’s effect to the outcome of Audio Processing Technique on XII Multimedia Major Class Students in Vocational High School 1 Surabaya.

Development model that has been used is Research and Development (R&D) Model by Sugiyono. Data Collection’s Technique from Material and Media Experts use questionnaire, whereas Student-based data is questionnaires and test Techniques. Interview result is used to revise the developed product, whereas test result is used to find out student’s outcome after using of electronic module. Data Analysis aim to find out outcome’s comparison between control and experiment class.

Based on Material and Media Expert’s Questionnaires analysis, it can be concluded that developed media is very good. And it is proofed with questionnaires tryout’s outcome which is categorized as very good with percentage at 96%, and larger group tryout outcome with gained percentage is 96.9%. With the result that pre-test and post-test result which is applied to the control and experimental class using tryout’s analysis data, tcount that has been gained is 8,098 and compared with t distribution table with degree of significance at 5%, it show that ttable= 2,68, so H0 is rejected and Ha is accepted.

Conclusion on this research shows that development process of electronic module media is successfully done with Sugiyono’s R&D model. It is declared as proper and be able to increase XII Multimedia Major Class student’s outcome in Vocational High School 1 Surabaya.

 

Keywords: Development, Electronic Module, Multimedia, Learning result

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-21
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 27