PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN BAHASA DAERAH MATERI AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP KARTIKA IV-11 SURABAYA

Authors

  • LUSI NATALIA

Abstract

Abstrak

Bahasa daerah khususnya bahasa jawa merupakan bahasa yang menunjukkan lambang kebangsaan jawa, lambang identitas jawa, alat perhubungan dengan masyarakat jawa.Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Daerah di SMP Kartika IV-11 Surabaya ditemukan masalah belajar yaitu pengajaran pada mata pelajaran Bahasa Daerah cenderung monoton, nilai hasil belajar siswa lebih dari 70% mendapat nilai dibawah KKM yaitu 78, serta kurangnya media pembelajaran yang atraktif dan interaktif. Keterbatasan media dapat menyebabkan pembelajaran kurang maksimal. Hasil belajar yang rendah dikarenakan terbatasnya media yang digunakan. Rumusan masalah penelitian ini, diperlukannya pengembangan media CAI yang sesuai dengan kebutuhan siswa, uji kelayakan media, dan uji efektifitas media CAI terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Kartika IV-11 Surabaya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media CAI, menguji kelayakan media CAI, serta menguji efektifitas media CAI terhadap hasil belajar. Spesifikasi produk yang dihasilkan pengembangan media CAI tutorial untuk siswa kelas VII SMP Kartika IV-11 Surabaya, bahan penyerta, serta RPP. Media CAI adalah penyampaian bahan ajar atau materi melalui komputer yang dikemas melalui perangkat lunak dan siswa dapat melakukan aktifitasnya secara langsung dengan berinteraksi melalui komputer.Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) Borg and Gall yang diacu oleh Sugiyono. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes.Berdasarkan hasil wawancara, maka dibutuhkan media CAI tutorial tentang materi aksara jawa yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas VII SMP Kartika IV-11 Surabaya serta sesuai dengan standar isi pada tujuan mata pelajaran bahasa daerah materi aksara jawa.Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media CAI tutorial pada ahli materi I dan II didapatkan katagori sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Uji coba perorangan 90% termasuk dalam katagori sangat baik, uji coba kelompok kecil 93,4% termasuk dalam katagori sangat baik, sedangkan uji coba lapangan 90,44% termasuk dalam katagori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media CAI tutorial pada mata pelajaran bahasa daerah dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media CAI, pengembang menggunakan uji-t dengan db= N – 1 = 36 – 1 = 35 dan taraf signifikan 5%. Maka nilai ttabel = 2,04 dan thitung adalah 4,81. Jadi, thitung > ttabel (4,81 > 2,04), sehingga terjadi perbedaan signifikan antara rata-rata pre-test dan post-test. Maka media yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E di SMP Kartika IV-11 Surabaya pada mata pelajaran bahasa daerah materi aksara jawa.

Kata Kunci: Media, CAI, tutorial, Bahasa Daerah, Interaktif

Abstract

Language regions, especially the Java language is a language that shows the national emblem of Java, Java identification symbols, communications tools with Java community. Based on interviews conducted by researchers with the subject teachers Regional Languages in SMP Kartika IV-11 Surabaya found to the problem of learning that teaching on the subjects of Regional Languages tend to be monotonous, the value of student learning outcomes of more than 70% scored below the KKM is 78, and the lack of media attractive and interactive learning. Limitations of the media can lead to learning less than the maximum. Low learning outcomes due to limited media used. The research problems are, the need for the development of CAI media appropriate to the needs of students, due diligence media, and test the effectiveness of media CAI on learning outcomes of students of class VII SMP Kartika IV-11 Surabaya. While the purpose of this study was to generate media CAI, CAI test the feasibility of the media, as well as test the effectiveness of media CAI on learning outcomes. The resulting product specification development CAI media tutorials for students of class VII SMP Kartika IV-11 Surabaya, accompanying materials, as well as the RPP. Media CAI is the delivery of teaching materials or material through a computer packed with software and students can conduct its activities directly by interacting via computer. The model used is a model development Research and Development (R&D) Borg and Gall referenced by Sugiyono. Data collection methods used were interviews, questionnaires, and tests. Based on interviews, the required media CAI tutorial on Java script material that fits the needs of students of class VII SMP Kartika IV-11 Surabaya and in accordance with the content standards in language subjects of interest matter regions of Java script. Based on the analysis, the results of due diligence media CAI tutorial on the subject matter experts category I and II obtained very good. Media expert I and II obtained excellent results. Individual testing of 90% included in the category of a very good, small group trial, 93.4% included in the category of excellent, while field trials 90.44% included in the category very well. It can be concluded that the media CAI tutorials on subjects of regional languages ??are feasible for use in the learning process. As for knowing the effectiveness of media CAI, developers using t-test with db = N - 1 = 36-1 = 35 and a significance level of 5%. Then the value table = 2,04 and thitung is 4.81. So, thitung> ttabel (4.81> 2.04), resulting in a significant difference between the average pre-test and post-test. Then the media developed has been effective in improving student learning outcomes in the junior class VII E Kartika IV-11 Surabaya on subjects of regional languages ??Java script material.

Keywords:Media, CAI, tutorial, Java language, Interactive

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-21
Abstract views: 13 , PDF Downloads: 15