PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GEDANGAN

Authors

  • AZIZAH AFINA ROZANAH

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GEDANGAN

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Gedangan terdapat permasalahan belajar, yakni siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem ekskresi. Hal itu dibuktikan dari 32 siswa 66% belum mampu mencapai nilai KKM pada mata pelajaran IPA materi sistem ekskresi. Selain itu minimnya penggunaan media pembelajaran pada materi tersebut juga mempengaruhi kesulian belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media CAI pada mata pelajaran IPA Materi Sistem Ekskresi yang layak dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gedangan.

Model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop and Evaluate) oleh Iver dan Baron digunakan untuk menghasilkan media CAI Sistem Ekskresi. Di mana model pengembangan DDD-E dirancang secara khusus untuk mengembangkan multimedia pembelajaran, sehingga akan lebih terperinci dan sistematik pada tahapan atau langkah-langkah pengembangannya. Pada penelitian ini subjek penelitian terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari masukan dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media serta hasil angket siswa.

Hasil uji validasi kelayakan media CAI berdasarkan hasil perhitungan wawancara ahli materi diperoleh presentase sebesar 90% (layak) dan hasil perhitungan wawancara ahli media diperoleh presentase 86,66% (layak). Kemudian hasil perhitungan angket uji coba perseorangan diperoleh presentase 87,5% (baik sekali), hasil perhitungan angket uji coba kelompok kecil diperoleh presentase 89,3% (baik sekali), hasil perhitungan angket uji coba pemakaian diperoleh presentase 91,5% (baik sekali).

Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa digunakan Uji T-Test Pre-Test dan Uji T-Test Post Test. Hasil perhitungan Uji T-Test Pre-Test diketahui bahwa thitung = 1,2 < ttabel = 2,6890. Sehingga tidak terdapat perbedaan kemampuan awal yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Sementara dari hasil perhitungan Uji T-Test Post-Test diketahui bahwa thitung = 58 > ttabel =2,6890. Sehingga terdapat perbedaan kemampuan akhir yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Di mana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi karena menggunakan media CAI dalam proses pembelajarannya. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media CAI dapat dikatakan layak dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gedangan pada mata pelajaran IPA materi sistem ekskresi.

Kata kunci: Pengembangan Media, CAI, IPA, Sistem Ekskresi, SMP

Abstract

Based on observations in state junior high school 2 Gedangan there are problems learning, which students have difficulties in understanding the material excretory system. This was evidenced from 32 students 66% have not been able to reach the KKM in science subjects material excretory system. Besides the lack of use of a medium of learning in that material also affects student learning difficulties. The development of research aimed at generating media CAI in science subjects material Excretion system is feasible and can improve student learning outcomes state junior high school 2 Gedangan VIII grade.

Model development DDD-E (Decide, Design, Develop and Evaluate) by Iver and Baron used to generate media CAI Excretion system. Where the development model of DDD-E is designed specifically to develop multimedia learning, so it will be more detailed and systematic in stages or steps of development. In this study, subjects consisted of two classes namely experimental class and control class. The type of data using quantitative and qualitative data. The qualitative data obtained from the input of the interview subject matter experts and media experts. While quantitative data obtained from the interview subject matter experts and media experts as well as the results of the student questionnaire.

Test results validate the feasibility media CAI based on calculations interview subject matter experts obtained a percentage of 90% (feasible) and media expert interview calculation results obtained percentage of 86,66% (feasible). Then the calculation results of individual trials questionnaire obtained a percentage of 87,5% (excellent), the results of calculation of small group trial questionnaire obtained a percentage of 89,3% (excellent), the calculation results obtained user trial questionnaire percentage of 91,5% (excellent).

T-Test is used to increase in student learning outcomes by used Pre-Test and Post-Test. The result of the calculation Pre-Test note that t count = 1,2 < t table = 2,6890. So there is no significant difference between the initial ability of students experimental class and control class. While from the calculation Post-Test note that t count = 58 > t table = 2,6890. So there is a significant difference in ability between the students final experimental class and control class. These results indicate that there are significant differences between the experimental class student learning outcomes with the control class. Where the results of experimental class learning is higher because it uses the media CAI in the learning process. It can be concluded that the development of CAI media can be said to be feasible and can improve student learning outcomes junior high school 2 Gedangan VIII grade in science subjects material excretory system.

 

Keywords : Media Development, CAI, IPA, Excretion System, Junior High School

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-27
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 31