Abstract
Abstrak
Seni budaya tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Seni budaya dipelajari oleh siswa sejak kelas SD hingga SMA. Namun banyak sekali siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Masalah ini terjadi pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Siswa kurang memahami materi dasar-dasar desain nirmana yang disampaikan oleh guru. Selain itu, mereka mudah merasa bosan dengan materi yang disampaikan, sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan saat guru menerangkan. Di sisi lain, guru kurang kreatif dalam penggunaan media pembelajaran. Mereka hanya menggunakan fotocopy buku dan LKS. Dari penjelasan diatas diperoleh alternatif untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara mengembangkan suatu media interaktif yaitu media audio visual. Media audio visual ini membantu dalam pembentukan proses berfikir yang lebih konkrit bagi siswa. Dengan itu, peneliti memberikan jalan keluar dengan mengembangkan media bahan ajar E-Book yang menarik dan teknik penyajian sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan media bahan ajar E-Book ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media yang bisa digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya khususnya pada materi dasar-dasar desain nirmana. Media bahan ajar E-Book dipilih berdasarkan atas pertimbangan dan sesuai dengan identifikasi masalah pada sekolah tersebut. Pengembangan media ini menggunakan model pembelajaran ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dikarenakan model pengembangan ini memperlihatkan tahapan-tahapan dasar desain pembelajaran yang sederhana dan mudah dipelajari. Kelima fase tersebut perlu dilakukan secara sistematik untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik. Sasaran pengembangan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Kemlagi, terdapat 28 siswa dan 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara ahli materi I dan II, ahli pembelajarn I dan II, ahli media I dan II, tes untuk mengukur keefektifan media, dan hasil dokumentasi berupa foto. Data kuantitatif hasil untuk mengukur kelayakan media yaitu reviewer ahli materi sebesar 87,5%, review ahli pembelajaran sebesar 88,4%, review ahli media sebesar 89,2%, Sedangkan untuk mengukur keefektifan media yaitu dari hasil tes siswa yang di hitung menggunakan rumus uji t yang terbilang thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,070 > 0,361. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media bahan ajar E-Book ini dikategorikan layak dan efektif.
Kata Kunci: Media Bahan Ajar E-Book, Pelajaran Seni Budaya, Dasar-Dasar Desain Nirmana
Abstract
Arts and culture can not be separated from everyday life. Arts and culture studied by students from elementary to high school classes. But many students who find it difficult to understand the material described by the teacher. This problem occurs in class X in SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Students do not understand the material design basics nirmana presented by the teacher. Moreover, they are easily bored with the submitted materials, so a lot of students who do not pay attention when the teacher explains explanation. On the other hand, teachers are less creative in the use of instructional media. They only use the copy of the book and LKS. From the above explanation derived alternatives to solve the problem by developing an interactive media, namely audio-visual media. Audio-visual media helps in the formation of a more concrete process of thinking for students. With it, the researchers provide a way out by developing teaching materials media E-Book interesting and presentation techniques according to the needs to be achieved in learning activities. The development of teaching materials media E-Book is intended to produce a medium that can be used by students in the learning process on the subjects of art and culture, especially in materials design basics nirmana. Media E-Book teaching materials have been selected based on the consideration and in accordance with the identification of problems at the school.This media development using model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Due to this development model shows the stages of learning the basic design is simple and easy to learn. The fifth phase will be done in a systematic way to create an effective learning process, efficient, and attractive. Target development in this study were students of class X Department of Multimedia SMK Negeri 1 Kemlagi, there are 28 students and 31 students. Data collection techniques used were interviews I and II subject matter experts, expert pembelajarn I and II, media expert I and II, a test to measure the effectiveness of media and photo documentation of the results. Quantitative data to measure the results of the feasibility media that matter expert reviewer of 87.5%, learning expert reviews of 88.4%, a media expert review amounted to 89.2%, while to measure the effectiveness of media that is out of the test results of students who calculated using the formula t test is fairly thitung greater than ttable namely 3.070> 0.361. It concluded that media teaching materials E-Book is considered feasible and effective.
Keywords:Media Instructional Materials E-Book, Lessons Cultural Arts, Design Basics Nirmana
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

