PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN PRODUKSI KOMPOSISI FOTO DIGITAL UNTUK SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SAMPANG
Abstract
Dalam dunia pendidikan media pembelajaran sangat dibutuhkan. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penunjang yang penting dalam proses peningkatan kual itas belajar mengajar. Salah satu sekolah yang perlu memanfaatkan media modul untuk proses belajar mengajar. Guru hanya menggunakan alat peraga. Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas XI MM - 1 dibutuhkan pengembangan modul mata pelajaran komposisi foto di gital, dibutuhkan uji kelayakan dan uji keefektivitas dalam pengembangan modul. Tujuan pengembangan media modul adalah menghasilkan modul mata pelajaran komposisi foto digital, menghasilkan modul yang layak dan efektif untuk digunakan kelas XI MM - 1 Di SMK Negeri 2 Sampang. Selain itu pengembangan modul sebagai alat bantu pembelajaran yang layak dan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Adapun spesifikasi produk pengembangan terdir i dari modul cetakan untuk siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku petunjuk guru dan buku petunjuk siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (R&D), pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli materi , ahli media, dan sis wa. Media modul ini diujicobakan pada siswa jurusan multimedia kelas XI di SMK Negeri 2 Sampang. Pre - test dan Post - test dilakukan pada siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil wawancara ahli materi dan media berupa checklist beserta angket siswa menggunakan teknik Perhitungan Semua Aspek (PSA) dan teknik Perhitungan Semua Program (PSP). Sedangkan untuk mengolah data hasil belajar siswa menggunakan perbandingan hasil pre - test dan post - test siswa mengg unakan rumus uji t. Data yang diperoleh dari hasil uji coba erupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data hasil dari ahli materi adalah 80 (baik), untuk ahli media 84,04 (baik), uji coba satu - satu 82,35 (baik), uji coba kelompok kecil 81,65 (baik), dan uji kelompok besar 80 (baik). Sedangkan hasil nilai pre - test dan post - test dengan teknik analisis uji t adalah t hitung ( 43,09) >t table (1,701 ). Dari data - data tersebut dapat disimpulkan Modul Mata Pelajaran Produksi Komposisi Foto Digital Untuk Siswa Ke las XI Jurusan Multimedia Di Smk Negeri 2 Sampang telah layak dan efektif untuk digunakansebagai media pembelajaran sebagai alat bantu guru dalam proses belajar mengajar untuk meningkatakan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Pengembangan Media Modul
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

