Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi Kompetensi Dasar Aplikasi Pemodelan 3 Dimensi Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 6 Surabaya

Authors

  • EVI YULIANA

Abstract

ABSTRAK

“Pengembangan Modul ElektronikMata Pelajaran Animasi 3 Dimensi Kompetensi Dasar Aplikasi Pemodelan 3 Dimensi Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 6 Surabaya”

SMK Negeri 6 Surabaya yang berlokasi di Jl. Margerejo no. 76 Surabaya. Di SMKN 6 Surabaya terdapat beberapa jurusan yaitu Tata Boga, Kecantikan, Multimedia, Partisery, Perhotelan dan Tata Busana. Berdasarkan hasil wawancara awal dengan bapak Ngariyanto S.Pdpada jurusan Multimedia kelas XI mendapatkan permasalahan dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Animasi 3 dimensidimana tidak adanya sumber belajar lain selain pendidik ini menyebabkan nilai teori maupun praktek peserta didik tidak mencapai KKM yaitu minimal 76. Permasalahan yang terjadi dapat diatasi dengan adanya media modul elektronik yang sudah disesuaikan dengan sarana dan prasarana sekolah.

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media modul elektronik yang layak dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan karakteristik Self Intructional yang dapat difungsikan sebagai media belajar mandiri. Model pengembangan yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) Sugiono (2011). Namun pada proses pengembangannya, peneliti tidak melakukan prosedur produksi massal. Hal ini dikarenakan pengembangan ini ditujukan kepada peserta didik Multimedia kelas XI di SMK Negeri 6 Surabaya.

Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menguji kelayakan media adalah wawancara terstruktur untuk ahli materi dan ahli media sedangkan untuk peserta didik menggunakan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut : (1) menurut ahli materi menunjukkan tingkatan baik (100%) ; (2) menurut ahli media menunjukkan tingkatan baik (100%) ; (3) dari uji coba perorangan 3 peserta didik (90,1%) (4) dari uji coba kelompok kecil 12 peserta didik (89,4%) (5) dari uji coba pemakaian peserta didik (91%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produksi media pembelajaran memiliki kualitas baik sebagai sumber belajar. Penilaian terhadap proses pembelajaran dengan memanfaatkan media dengan r hitung 0,66. Efektivitas dari penggunaan media terhadap peserta didik diperoleh berdasarkan pretest dan posttest, setelah data yang diperoleh diolah makan mendapatkan t-hitung sebesar 8,6. Setelah dibandingan dengan t-tabel (nilai t-tabel 2,042) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media modul elektronik efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Kesimpulan dari penelitian (1) dari seluruh validasi kepada ahli media dan ahli materi, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang dilakukan , dapat disimpulkan bahwa media modul elektronik mata pelajaran Animasi 3 Dimensi kompetensi dasar Aplikasi 3 dimensi ini telah layak dan efektif dijadikan media pembelajaran. (2) Media modul elektronik ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 6 Surabaya dalam mata pelajaran Animasi 3 Dimensi. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya nilai post test dibandingkan pre test setelah menggunakan media modul elektronik. Saran (1) dalam menggunakan media modul elektronik diharapkan setiap peserta didik menggunakan satu laptop atau komputer terutama saat proses pembelajaran. (2) Sebelum menggunakan media modul elektronik, peserta didik diberi penjelasan tentang cara penggunaan dan isi materi yang ada di dalam media modul elektronik yang akan digunakan

Kata Kunci : SMK Negeri 6 Surabaya, Kompetensi dasar Aplikasi pemodelan 3 Dimensi, Animasi 3 Dimensi, Media Modul Elektronik

ABSTRACT

Development of Electronic Module Basic Competency 3 Dimension Model Application on 3 Dimension Animation Lesson XI Multimedia Major Class in Vocational High School 6 Surabaya

 

Vocational High School 6 Surabaya located in Margorejo St. No. 76 Surabaya. There are some Majors like food-keeping, cosmetology, Multimedia, Patisserie, hotelman, and fashion Design. According to interview’s result with Mr. Ngariyanto,S.Pd, there is problem found in instructional on XI Multimedia major class, especially in 3 Dimension Animation which is only teacher as learning source causing theory and practical output can’t reach minimum standard point at 76. This problem can be solved with electronic module that has been appropriated with school’s tools and infrastructures.

This research aim to produce proper and effective electronic module which can increase student’s output with Self-instructional Characteristics that can be functioned as self-learning media. Development Model that had been used is Research and Development (R&D) Model by Sugiono (2011). But in this development process, researcher does not use mass production procedure. It is because this development is specifically aimed to XI Multimedia Major Class Student in Vocational High School 6 Surabaya.

Data Collection Method that has been used to Media’s proper test is structured interview for material and media experts, while questionnaire is used for student. Result’s analysis show that product’s quality that has been produced is : (1) material experts, show that is good level (100%) ; (2) media experts show that is in good level (100%) ; (3) individual tryout with 3 students (90,1%) ; (4) small group tryout with 12 students (89,4%) ; (5) using tryout by students (91%). From those result can be concluded that instructional media production has good quality as learning source. Assessment of instructional process in media’s using with r result at 0, 66. Effectiveness of using of the media is gained based on pretest and posttest, after data is analyzed, t result is gained at 8, 6. Then the result is being compared with t table (t-table point at 2,042), then it can be concluded that electronic module is effective to be applied in instructional process.

Conclusion of this research (1) From whole validation process both material and media expert, individual, small and larger group tryout, it can be concluded that electronic module media for 3 Dimension Animation lesson with basic Competency 3 Dimension Application is proper and effective to be used as instructional media. (2) Electronic Module media has affect in increase outcome of XI Multimedia Major Class student in Vocational High School 6 Surabaya in 3 Dimension Animation lesson. It is showed with higher posttest compare with pretest after using of the electronic module media. Suggestion (1) in condition to use electronic module media, each of students is preferred to use their own laptop or computer, especially at learning process. (2) Before using of Electronic module media, student is given some briefing about how to use it and content that included in electronic module media that will be used.

Keywords: Vocational High School 6 Surabaya, Basic Competency 3 Dimension Modelling Application, 3 Dimension Animation, Electronic Module Media

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-29
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 32