PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI POKOK TEKNIK MEMASAK PANAS KERING MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X JURUSAN TATA BOGA DI SMK NEGERI 6 SURABAYA
Abstract
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI POKOK TEKNIK MEMASAK PANAS KERING MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X JURUSAN TATA BOGA DI SMK NEGERI 6 SURABAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran yang digunakan untuk memecahkan masalah belajar siswa kelas X jurusan Tata Boga pada mata pelajaran Boga Dasar materi Teknik Memasak Panas Kering. Dari hasil observasi di SMK Negeri 6 Surabaya jurusan Tata Boga proses pembelajaran masih bersifat konvensional dan saat materi praktek guru hanya menggunakan metode demonstrasi. Guru belum menggunakan media pembelajaran lain yang dapat membantu proses pembelajaran. Penggunaan media video pembelajaran ini dapat menjadi salah satu alternatif alat bantu dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu penggunaan media video pembelajaran ini dapat membedakan hasil belajar kelas yang menggunakan media video pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan media video pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah R&D (Research and Development) yang dalam pelaksanaannya hanya sampai tahap ke-9. Pada penelitian ini subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari tanggapan dan saran dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media serta angket yang disebarkan kepada siswa. Hasil uji validasi desain media video pembelajaran dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 87,8% yang dikategorikan sangat baik, sedangkan dari ahli media memperoleh presentase sebesar 84,27% yang dikategorikan sangat baik. Hasil dari uji coba produk pada uji perseorangan diperoleh presentase sebesar 85,7% yang dikategorikan sangat baik, pada uji coba kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 85,8% yang dikategorikan sangat baik, dan pada uji coba kelompok besar diperoleh presentase sebesar 89,4% yang dikategorikan sangat baik. Untuk mengetahui keefektifan media video pembelajaran digunakan pre-test dan post-test yang kemudian dianalisis datanya menggunakan uji-t. Pada hasil hitung uji-t didapatkan thitung = 2,2 > ttabel = 2,0 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi karena menggunakan media video pembelajaran dalam proses belajarnya.
Kata kunci : Pengembangan, video pembelajaran, teknik memasak panas kering, boga dasar
DEVELOPMENT OF VIDEO INSTRUCTIONAL ON THE MATERIAL OF DRY HEAT COOKING TECHNIQUES COURSE BASIC BOGA CLASS X MAJORS CULINARY AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL 6 SURABAYA
Abstract
This research aims to produce instructional video media being used to solve the study problem of class X student of majors culinary on the material of dry heat cooking techniques. From the observation at vocational high school 6 Surabaya majors culinary, the learning process is still conventional and teacher only using demonstration method when the explain practice material . Teachers are not using other instructional media that can help the learning process. The use of this instructional video media can be an alternative tool in the learning process and can improve student learning outcomes. Besides, the use of instructional video media is able to differentiate the learning outcomes between classes that use the instructional video media with classes that do not use the instructional video media. The model used is the development model of R & D (Research and Development) which in practice only till stage-9. In this research study subjects consisted of two classes, namely the experimental class and control class. The data obtained from the study is qualitative and quantitative data. The qualitative data obtained from the feedback and suggestions from the interview result to matter experts and media experts. While quantitative data obtained from the interview of matter experts and media experts as well as a questionnaire distributed to students. The results of the design validation video instructional media from material experts acquire a percentage of 87.8% that considered very good, while from the expert media get a percentage of 84.27% that considered very good. The results of the test product on an individual test obtained a percentage of 85.7% that considered very good, the small group trial obtained a percentage of 85.8% that considered very good, and the large group trial obtained a percentage of 89.4% categorized as very good. To determine the effectiveness of instructional video media used pre-test and post-test and then analyzed data using t-test. In the t-test results obtained arithmetic t = 2.2> table = 2.0 with a significance level of 5%. These results suggest that there are differences in learning outcomes between the experimental class and control class, where the results of the experimental class higher learning because using video media in their learning.
Keyword : Development, video instructional, dry heat cooking, basic boga
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

