PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK MATERI HUBUNGAN SOSIAL KELAS VIII MTS NEGERI 3 SURABAYA

Authors

  • OKTAVIANA ANINGSIH

Abstract

Abstrak

Pada penelitian di MTs Negeri 3 Surabaya terdapat suatu masalah belajar pada mata pelajaran IPS materi hubungan sosial. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Hasil dari penelitian ternyata masalah yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah yaitu tidak sesuainya model pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran tersebut. Untuk memecahkan masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Model pembelajaran ini didesain untuk saling kerjasama antar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktifitas siswa dan tindakan guru dalam pembelajaran. Sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar yang dicapai siswa sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun teknik analisis data menggunakan statistik nonparametris.

Dari perhitungan diperoleh hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran tergolong kategori “baik sekali” (84,38%) dan tindakan guru dalam pembelajaran sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam RPP, hasilnya tergolong dalam kategori “baik sekali” (85,74%). Hasil uji Anova pretest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan tidak ada perbedaan (sama) Fhitung<Ftabel (1,51<3,94). Sedangkan hasil uji Anova posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, Fhitung>Ftabel (21,99>3,94). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi hubungan sosial kelas VIII MTs Negeri 3 Surabaya.

Kata Kunci: Hubungan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.

Abstract

Research on MTs Negeri 3 Surabaya showed learning problem on social science in social relation matter. It can be observed from student learning result who has not fulfilled minimum completeness criterion. Result from research was the problem that caused student’s low learning result namely the inappropriate learning model which applied on those subject. To solved those problem, researcher applied cooperative learning model type Jigsaw.

This learning model designed to make student cooperate. Data collecting method which applied were observation and test. Observation applied to collect data concerning student activities and teacher act in learning. While test applied collect data concerning learning result who achieved by student before and after applied cooperative learning model type Jigsaw. Data analysis technique applied nonparametric statistical.

From the calculation obtained student activity observation result in learning categorized “very good” (84.38%) and teacher act in learning appropriated with what has planned on lesson plan (RPP), and its result categorized in “very good” (85.74%). Anova test result for posttest between experiment and control groups showed there was no difference (same) Fcount < Ftable (1.51 < 3.94). While for Anova test result for posttest between control and experiment groups showed significant result, Fcount < Ftable (21.99 < 3.94). The conclusion of this research was that cooperative learning model type Jigsaw can improved student learning result on social science subject social relation matter of 8th grade student of MTs Negeri Surabaya.

 

Keywords: Social Relation, Learning Model Cooperative Type Jigsaw, Learning Result.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-29
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 18