EVALUASI KETEPATAAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU PADA KELAS VII DAN VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

  • NUR FADHILAH ROMADHONA

Abstract

EVALUASI KETEPATAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU PADA KELAS VII DAN VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

 

Abstrak

Media pembelajaran merupakan komponen pembelajaran dan menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran membantu proses penyampaian pesan dari guru kepada peserta didik. Pemilihan media pembelajaran menuntut dipergunakannya suatu pedoman atau prinsip-prinsip tertentu agar tepat dalam memilih suatu media pembelajaran, karena setiap media pembelajaran memiliki karakteristik dan spesifikasi kegunaan yang berbeda. Tujuan penggunaan media pembelajaran adalah memudahkan siswa menguasai kompetensi yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi ketepatan pemilihan media pembelajaran yang digunaan guru saat mengajar.

Penelitian ini dilakukan dikelas VII dan VIII di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Mata pelajaran yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada empat yaitu, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematikan, dan Ilmu pengetahuan alam. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengetahui media yang digunakan guru sedangkan wawancara untuk mengetahui proses kegiatan belajar mengajar dan media yang digunakan guru.

Kriteria yang digunakan untuk menilai penggunaan media pembelajaran ada dua, yaitu kesesuaian dengan tujuan dan materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketepatan pemilihan media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 88,58%, Bahasa Inggris sebesar 89,55%, Matematika 83,3%, dan Ilmu Pengetahuan Alam 79,4%. Sedangkan hasil penelitian ketepatan pemilihan media pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 88,58%, Bahasa Inggris sebesar 89,55%, Matematika 83,3%, dan Ilmu Pengetahuan Alam 79,4%.

Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pemilihan media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran pada mata pelajaran Unas kelas VII dan VIII dikatakan tepat. Namun perlu ada variasi penggunaan media pembelajaran yang tepat lainnya agar bisa menyampaikan pembelajaran lebih baik lagi dan memberi pengalaman belajar yang berbeda.

Kata kunci: Evaluasi, Ketepatan, Pemilihan, Media Pembelajaran

EVALUATION ACCURACY SELECTION INSTRUCTIONAL MEDIA USED TEACHER IN CLASS VII AND VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

Abstract

Instructional media is a learning component and an integral part of the learning process. The use of instructional media to help the process of delivering a message from the teacher to the learner. Selection of instructional media requires a guideline or certain principles to be precise in choosing a instructional media, because every instructional media has the characteristics and specifications of different uses. Goal the use of instructional media that is to help students master the competencies which has been set. The goal of this study evaluating accuracy the selection instructional media used by teachers when teaching.

This research was conducted in class VII and VIII in SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. The subjects were sampled in this study four subjects namely, Indonesian, English, mathematics, and natural sciences. Methods of data collection using observation and interviews. Observation is used to to find out the media used by teachers. whereas the interview to find out the process of learning and media used by teachers.

The criteria used to assess the use of instructional media, there are two, that is conformity with the goal of learning and materials learning. The results showed that the level of accuracy of the selection of instructional media with the goal of learning on Indonesian subjects amounted to 88.58%, English subjects amounted to 89.55%, Math 83.3%, and Natural Sciences 79.4%. While the research that the level of accuracy of the selection of instructional media with learning materials on Indonesian subjects amounted to 88.58%, English subjects amounted to 89.55%, Math 83.3%, and Natural Sciences 79.4%.

From the research, it can be concluded that the selection of instructional media in accordance with the goal of learning and materials learning on the subjects of Unas class VII and VIII declared precise. But there should be variations in the use of other appropriate learning media so that teachers can deliver better learning and provide a different learning experience.

 

Keywords : Keyword: Evaluation, Accuracy, Selection, Instructional Media

Published
2016-07-29
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 2009