Pengembangan Modul Elektronik Tentang Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi Mata Pelajaran Animasi 2D Untuk Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lamongan
Abstract
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK TENTANG PEMBUATAN OBYEK PADA APLIKASI ANIMASI MATA PELAJARAN ANIMASI 2D UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Modul elektronik adalah bahan ajar mandiri yang disusun secara sistematis kedalam pembelajaran terkecil untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang disajikan dalam bentuk elektronik yang bersifat Self Instruction, Self Contained, Stand Alone, Adaptif, dan User Friendly yang memuat satu materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui terdapat kesulitan siswa memahami materi yang terjadi dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi materi pokok pembuatan obyek pada aplikasi 2 dimensi.
Tujuan pengembangan modul elektronik adalah untuk memperoleh deskripsi tentang pengembangan modul elektronik tentang pembuatan obyek pada aplikasi animasi mata pelajaran animasi 2D untuk siswa kelas XI SMK NegeriLamongan dan pengaruh penggunaan modul elektronik animasi 2 Dimensi terhadap hasil belajar siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Lamongan pada materi pokok pembuatan obyek pada aplikasi animasi mata pelajaran animasi 2 Dimensi.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Developmentatau R&D (Sugiyono, 2010:408). Pemilihan model tersebut dikarenakan terdapat langkah-langkah khusus yang lebih mendetail dan sistematis serta lebih sesuai dengan karakteristik media yang akan dikembangkan oleh peneliti dan hasil akhir dari pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk.Teknik pengumpulan data dari ahli materi dan ahli ahli media menggunakan teknik wawancara, sedangkan untuk siswa menggunakan agket dan tes. Hasil wawancara kepada ahli materi dan ahli media sebagai acuan untuk merivisi produk yang dikembangkan. Sedangkan hasil tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul elektronik.
Berdasarkan hasil tahapan uji coba kelompok besar, yakni uji coba pada siswa kelas XI Multimedia diperoleh data t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu (17,59>2,032). Maka dapat disimpulkan bahwa media modul elektronik pada mata pelajaran animasi 2 Dimensi materi pokok pembuatan obyek pada aplikasi animasi efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Lamongan.
Kata kunci : Pengembangan modul elektronik, multimedia, SMKN 1 Lamongan.
ABSTRACT
The development of electronic module about making object in animation application in 2D animation subject for second grade students of SMKN 1 Lamongan
Electronic module is independent teaching material which is structured systematically into smallest learning to reach the goal of certain learning which is served in electronic form which has the quality of friendly that accommodate one learning material. Based on observation and interview, it is known that student have problem to understand lesson’s material specifically in 2 Dimension Animation lesson subject matter making object in animation application in 2D animation.
The purpose of the development of electronic module are to obtain the description about the development of electronic module about making object in animation application in subject animation for second grade students of SMKN 1 Lamongan and the influence of using 2D animation electronic module toward learning result second grade student of multimedia in SMKN 1 Lamongan. For main material making object in animation application in 2D animation subject.
This research use Research and Development Method or R&D (Sugiyono, 2010:408). This model has been used because there are special steps which is more detail and systematic, it is also more suitable with characteristics from media which is will be developed by researcher and the final output from this this development is delivering a product. The data collecting technique from the material and media expert was best conducting interview, while from the students was by giving questionnaire and test. The result of the interview from the expert are used to revise the product which is developed whereas the result of the test are to know how student’s learning result after using electronic module.
Based on the result of large group sample to second grade students of multimedia, it found that t data count is bigger than t table which is (17, 59>2,032). So it can be concluded that electronic module media in 2D animation subject of main material making object in animation application is effective because it can increasing the second grade multimedia students of SMKN 1 Lamongan learning result.
Keywords:electronic modules development, multimedia, SMKN 1 Lamongan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

