PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA MENGENAI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS III DI SDN SIDOHARJO 1 LAMONGAN
Abstract
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA MENGENAI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS III DI SDN SIDOHARJO 1 LAMONGAN
Penelitian pada siswa kelasIIISDN Sidoharjo 1 Lamongan dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk tepatnya pada Sub Bab cirri-ciri pada hewan dikarenakan banyak materi yang harus dipelajari oleh siswa berupa penjelasan cirri-ciri pada hewan yang mana proses-proses tersebut tidak dapat dilihat secara langsung. Selain itu siswa sering lupa jika guru mereview materi sebelumnya, karena dalam proses pembelajaran yang selama ini di lakukan, penjelasan mengenai proses-proses yang tersebut hanya dijelaskan secara lisan dan menggunakan papan tulis, serta buku paket yang dikemas dalam power point dan materi penunjang seperti buku BSE sebagai sumber belajar, sedangkan dalam buku BSE sendiri tidak banyak ilustrasi gambar yang dapat menjelaskan proses tersebut, sehingga pembelajaran yang terjadi didalam kelas bersifat konvensional yaitu textbook oriented dan teacher centered. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Videoyang layak dan efektif untuk siswa kelas III SDNSidoharjo 1 Lamongan.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitaf. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik analisis data yaitu wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan wawancara dan angket digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang kelayakan media Video Pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran dikelas, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan tes digunakan untuk mengetahui apakah media Video Pembelajaran efektif digunakan dengan melalui soal uji pretest dan uji posttest.
Berdasarkan hasil analis data yang diketahui dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (a) hasil presentaseAhli Materi I: 7%% (baik sekali), (b) hasil presentase Ahli Materi II: 10% (baik sekali), (c) hasil presentase Ahli Media I: 20% (baik sekali), (d) hasil presentaseAhli Media II:18% (baik sekali). Melalui hasil angket uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa : (a) hasil presentase uji orang perorangan 10% (baik sekali), (b) hasil presentase uji coba kelompok kecil 30% (baik sekali), serta (c) hasil presentasepada uji coba kelompok besar 27,4 % (baik sekali). Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Video Pembelajaran ini dikategorikan sangat baik sehingga layak dan efektif untuk digunakan.
Kata kunci: Pengembangan, Media Video Pembelajaran, IPA
ABSTRACT
VIDEO MEDIA DEVELOPMENT IN LEARNING IPA SUBJECT OF THE CHARACTERISTICS AND NEEDS FOR LIVING IN CLASS III SDN SIDOHARJO 1 LAMONGAN
Guidance lecture :
Introduction Research on third student of SDN Sidoharjo 1 Lamongan is because student not really understand in natural sciences in class about the characteristics of the creature needs especially about traits in animals cause its too much matter that student must be learn and student cant see directly about animals trait. Besides that students often forget that teachers review the material before.because in the learning process so far only made orally and using a blackboard and textbooks that have made power point and additional material such as BSE, whereas BSE books are not many illustrations to explain more matter, so that the learning happens in the classroom is conventional that textbook oriented and teacher centered.
Research aims to develop video media is feasible and effective for students in grade three in SDN sidoharjo 1 Lamongan.
Learning is use on class, developer use pretest and post to know how instructional video can be effective to use
Data analysis from matter expert and media expert make conclution: (a) percentage result of matter expert I : 7 % (very well) ( b) percentage result of matter expert II : 10 % ( very well), (c) percentage result of media expert I: 20% (very well) (d) percentage result of media expert II : 18 % ( very well)
From questionnaire result make conclution : (a) percentage result of Individual testing : 10 (very well) (b) percentage result ofsmall group testing : 30 % ( very well) (c) percentage result of large group testing ( very well)
From the result we can conclude that instructional video is very well so that feasible and effective for use
Keyword : Development, Media of Video Education, Science
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

