PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIHAN MULTIMEDIA POKOK BAHASAN PENGAMBILANGAMBAR PADA KAMERA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XII SMKN 1 LAMONGAN
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman yang membawa dunia pada kemajuan teknologi yang kian pesat, peserta didik dituntut untuk aktif dalam menggali ilmu, karena ilmu tidak hanya disalurkan guru saat di kelas saja, namun peserta didik dituntut untuk memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai penunjang pendidikan. Penelitian ini memanfaatkan salah satu video yang di unggah dari sosial media “youtube” dan telah melalui uji validasi dari para ahli sebagai media pembelajaran dengan dasar pertimbangan pemilihan media dengan model perencanaan penggunaan media yang efektif yang dikenal dengan istilah ASSURE.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pada proses pembelajaran yang memanfaatkan media dan yang tidak memanfaatkan media video pembelajaran “Tutorial shot, angle, and camera movement” terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII di SMKN 1 Lamongan pada mata pelajaran paket keahlihan multimedia dengan pokok bahasan teknik pengambilan gambar bergerak pada kamera video.
Desain penelitian yang digunakan adalah modifikasi True Eksperimental control group pretest-posttest, yaitu dengan subyek penelitian 2 kelas eksperimen dari SMKN 1 Lamongan dengan jumlah masing-masing 37 peserta didik dan 1 kelas kontrol dari SMK PGRI 10 Surabaya dengan jumalah 33 peserta didik. Perlakuan kelas eksperimen dengan menggunakan media video pembelajaran sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknis dalam analisis data menggunakan teknik analisis anava 1 jalur terhadap perbedaan hasil belajar antara ketiga kelas setelah diberi perlakuan
Hasil pengujian dan analisis data pretest untuk 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol menunjukkan bahwa hasil pretest tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil anava 1 jalur nilai pretest didapatkan Fhitung < Ftabel, atau 0,664 < 3,084. Sedangkan untuk hasil posttest ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil anava 1 jalur nilai hasil posttest di dapatkan Fhitung > Ftabel, atau 27,077 > 3,084. Setelah diberi perlakuan dengan memamnfaatkan media video pembelajaran terdapat peningkatan lebih signifikan dibandingkan menggunakan metode konvensional . setelah diberi perlakuan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen melebihi KKM (rata-rata 8,2). Hasil anava 1 jalur nilai pretest dan posttest di dapatkan Fhitung > Ftabel, atau 39,328 > 2,257, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh terhadap penggunaan media video pembelajaran pada kelas eksperimen yang membuat hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah perlakuan.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahawa perlakuan dengan memanfaatkan media video pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional pada materi Teknik Pengambilan Gambar Bergerak Pada Kamera Video pada kelas XII SMKN 1 Lamongan.
Kata Kunci : Pengaruh pemanfaatan, Media video pembelajaran youtube, Teknik Pengambilan Gambar Bergerak
Along with the era development that took the world to the rapid technology progress, the students were demand to be active to get knowledge, because knowledge is not only given by the teachers in the class, but students are demanded to take advantage from the rapid of technology as the education supporting. This assessment is using one of video from “you tube” social media and has been test by the professional as the learning media by using selection review media with effective planning media that we now with ASSURE
The aim of this research is to know how big was the utilization for the learning process by using media our without media “Tutorial shot, angel, and camera movement to the students of grade XII at SMKN 1 Lamongan in multimedia learning with tutorial shot, angel, and camera movement technique
Design Research that used is True experimental control group pretest-posttest modification, namely by using respondent 2 classes of his experiments from SMKN 1 Lamongan with thirty seven students and 1 class of control from SMK PGRI 10 Surabaya with thirty three students. In the class experiment treatment by using video learning media, while the control class is using conventional method. Engineering analysis of data using analysis ANOVA against study result of the differences between the third class after given treatment
The trial result and pretest data analysis for two class and one control class show that there is no different between the class experiment and control class. ANOVA 1 result value pretest got F _count < F _table, or 0,664 < 3,084 meanwhile there is significant different between the class experiment with the control class. ANOVA 1 result for posttest result got F _count > F _table, or 27,077 > 3,084. After given by the video learning media there is railing. After given the learning result, the class experiment students KKM (8,2) ANOVA 1 pretest result and posttest got F _count > F _table or 39,328 > 2,257
The result of this research is show that study by using video learning media is better than conventional method in tutorial shot, angle and camera movement for grade XII SMKN 1 Lamongan.
Key word : using effect, you tube video learning media, tutor
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

