PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA CERMIN UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 22 SURABAYA

Authors

  • DWI NURLAILI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk media Computer Assisted Instructed dengan menggunakan model tutorial yang layak dan efektif dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPA tentang Pembentukan Bayangan Pada Cermin. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Sasaran pengembangan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 22 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil validasi ahli media dari ahli media dan ahli materi adalah media layak digunakan dengan revisi Untuk hasil Uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar termasuk dalam katagori sangat baik dimana hasil yang didapat masuk dalam prosentase antara 81-100% (sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media CAI tutorial pada mata pelajaran IPA dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui keefektifan media CAI, pengembang menggunakan uji-t dengan db= N – 1 = 30 – 1 = 29 dan taraf signifikan 5%. Maka nilai ttabel = 2,045 dan thitung adalah 41.54 Jadi, thitung> ttabel (41,54> 2,045), sehingga terjadi perbedaan signifikan antara rata-rata pre-test dan post-test. Maka media yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII H di SMPN 22 Surabaya pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pembentukan bayangan pada cermin.

Kata kunci : pengembangan, Media, CAI (Computer Assisted instruction), Cermin

Abstrack

This study was conducted to produce media Computer Assisted had instructed using tutorial models are feasible and effective in the learning process of science subjects on the Establishment of Shadows In The Mirror . This media development using ADDIE development model . Target development in this research is class VIII SMPN 22 Surabaya .Based on the analysis that has been done , we can conclude that the results of expert validation media from media experts and subject matter experts are media fit for use with the revision to the results of trials of individual , small group and large group included in the category of very well where the results are entered in percentage between 81-100 % ( very well . It can be concluded that the media CAI tutorial in science subjects declared eligible for use in the learning process . to determine the effectiveness of media CAI , developers using t-test with db = N - 1 = 30-1 = 29 and the significant level of 5%. so the value table = 2.045 and tcount is 41.54 . so , tcount > ttabel ( 41,54 > 2.045 ) , resulting in a significant difference between the average pre -test and post-test. Then the media developed has been effective in improving student learning outcomes VIII class H at SMPN 22 Surabaya in science subjects forming the subject of mirror images .

Keywords : development , Media , CAI (Computer Assisted Instruction ) , Mirror

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-05

How to Cite

NURLAILI, D. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA CERMIN UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 22 SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/16601
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 57