EVALUASI MODUL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KEJAR PAKET B PKBM TRUNOJOYO PONDOK AL-FALAH KEPANG KEMAYORAN BANGKALAN

  • MARWIYAH

Abstract

ABSTRAK

Program kejar paket B adalah salah satu program pendidikan nonformal yang setara dengan SMP/MTs yang diterapkan olehB PKBM Trunojoyo pondok Al-Falah Kepang Kemayoran Bangkalan. Modul pembelajaran adalah media yang digunakan untuk proses pembelajaran di kejar paket B PKBM Trunojoyo pondok Al-Falah Kepang Kemayoran Bangkalan, dengan karakteristik proses pembelajaran kejar paket yang mandiri, maka membutuhkan modul yang mampu membantu sasaran untuk dapat memahami pembelajaran dengan mengunakan modul. Untuk mengetahui kelayakan modul matapelajaran Bahasa Indonesia, maka perlu dilakuka evaluasi modul.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, komponen modul Bahasa Indonesia yang memenuhi karakteristik modul, isi modul Bahasa Indonesia dapat dipahami, kemasan modul Bahasa Indonesia mampu memberikan daya tarik terhadap sasaran.

Penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan tutor di kejar paket B PKBM Trunojoyo pondok Al-Falah Kepang Kemayoran Bangkalan. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif, model evaluasi ini dijabarkan sesuai dengan karakteristik modul, yaitu dari aspek isi komponen modul, isi dalam modul, dan kemasan modul. Dari modul Bahasa Indonesia yang digunakan di kejar paket B disesuaikan dengan karakteristik modul sehingga didapat indikator penelitian. Dalam pengumpulan data mengunakan metode angket dan wawancara sehingga memudahkan dalam penelitian untuk mendapatkan data melalui teknik deskritif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik modul Bahasa Indonesia dinilai dari aspek isi inti modul terdapat sub aspek yang butuh diperbaiki yaitu dari segi pengadaan tujuan disetiap babnya dan pengadaan kunci jawaban pada setiap latihan, dan untuk isi dalam modul dibutuhkan pengadaan kesimpulan materi dan memperbaiki kemandirian yang dimiliki modul, sedangkan untuk kemasan modul sesuai dengan dengan karakteristik modul yang baik. Salah satu rekomendasi dalam penelitian evaluasi ini dalah memperbaiki modul Bahasa Indonesia sehingga sesuai dengan karakteristik modul yang baik

Kata Kunci: Evaluasi, Karakteristik Modul Pembelajaran Kejar paket B PKBM Bangkalan,

ABSTRACT

Packet B program is one of the non formal education program for Junior High School which applied by B PKBM Trunojoyo Al-Falah boarding school Kepang Kemayoran Bangkalan. Education module is the media used for the learning process in the packet B PKBM Trunojoyo Al Falah boarding school Kepang Kemayoran Bangkalan, with the independent packet learning process characteristic, so that they need module that can help the target to understand. To understand the feasibility of Indonesian subject, we need to evaluate the module.

This research is purposed to know about the component of Indonesian module which is suitable with the module characteristic, the content of Indonesian module can be understood, the cover can provide traction to the target.

This research is evaluation research. The subject of this research are the student and the tutor in Packet B PKBM Trunojoyo Al Falah Kepang Kemayoran Bangkalan. The type of this research is formative evaluation, this type is appropriate with the characteristic of module, that is from component aspect of module, the content of module and the cover of module. From the module of Indonesian which used in Packet B is appropriated with the characteristic of modul so that can get the research indicator. The data is collected by the questionnaire method and interview so the data of technic descriptive qantitative is easy to be obtained.

This research shows that the modul characteristic of indonesian module scored by the content itself`which has some aspects that need some improvement, such as in the term of procurement of interest in each chapter and procurement of the answers on each exercise, and for the content in the module need procurement of the conclusions material and improve the independence owned module, meanwhile for the cover is appropriate with the good module characteristic. One of the recommendation in the research evaluation is for the improvement of Indonesian module so that appropriate with the good characteristic module.

Kata Kunci: Evaluation, the characteristic of the learning modules Packet PKBM Bangkalan.

Published
2016-08-18
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 995