PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG CARA TUMBUHAN MEMBUAT MAKANAN UNTUK SISWA TUNAGRAHITA KELAS VIII DI SLB NEGERI SEMARANG

  • ADITYA PAMBUDI

Abstract

Observasi awal terdapat masalah belajar dimana guru sulit menjelasakan kepada siswa tentang cara tumbuhan membuat makanan di karenakan materi tersebut bersifat abstrak. Penjelasan mengenai proses terjadi tumbuhan membuat makanan secara lisan, menggunakan papan tulis dan buku paket sehingga pelajaran bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini agar siswa mampu memahami bagaimana cara tumbuhan membuat makanan.

Jenis penelitian ini ada penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model RnD Borg and Gall dengan beberapa tahapan uji coba media. Dalam mengetahui kelayakan media, peneliti menggunakan instrument wawancara terstruktur kepada ahli materi dan ahli media untuk kepada beberapa siswa menggunakan angket untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunakan media tersebut. Data yang di peroleh adalah data berupa kualitatif dan kuantitatif dari ahli materi, ahli media dan siswa. Dapat disimpulkan bahwa uji kelayakan media oleh ahli materi I sebesar 87,5% (baik sekali) dan ahli materi II sebesar 92,5% (baik sekali) serta oleh ahli media I sebesar 92,5% (baik sekali) dan ahli media II sebesar 95% (baik sekali) dan aspek uji perorangan sebesar 95% (baik sekali) dan kelompok kecil sebesar 95% (baik sekali) dapat di simpulkan bahwa media tersebut layak digunakan. Hasil perhitungan uji lapangan menggunakan SPPS versi 20 dengan rumus Paired sample dan Independent Samples Testdengan taraf signifikan 5% (0,05) dari hasil hitungan spss maka hasil yang keluar sig. 0,000 jadi 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan mengalami peningkatan sehingga media tersebut dinyatakan efektif untuk di gunakan siswa kelas VIII pada SLB Negeri Semarang tentang cara tumbuhan membuat makanan.

Kata kunci: pengembangan, media video pembelajaran

ABSTRACT

VIDEO MEDIA DEVELOPMENT IN LEARNING SUBJECT OF NATURAL SCIENCES ON HOW TO MAKE FOOD PLANTS FOR STUDENTS CLASS VIII MENTAL RETARDATION SLB STATE IN SEMARANG

Preliminary observations are a matter of learning where the teacher is difficult identifies to students about how plants produce food in because the material The abstract. Explanation of the process occurs plants produce food orally, using a chalkboard and textbooks so that lessons conventional. The purpose of this study so that students are able to understand how plants make food.

This type of research is no development research and development model used is a model RnD Borg and Gall with several stages of testing Try media. In knowing the feasibility media, researchers used the instrument structured interviews to subject matter experts and media expert for the few students use a questionnaire to see how much influence the use of The media. The data obtained are of qualitative and quantitative data in the form subject matter experts, media experts and students. It was concluded that the feasibility test I matter expert media by 87.5% (excellent) and subject matter experts II of 92.5% (excellent) as well as by media experts I 92,5% (excellent) and experts Media II was 95% (excellent) and aspects of the individual test is 95% (good once) and a small group of 95% (excellent) can be concluded that The media fit for use. The results of calculations using the field test SPSS version 20 with the formula Paired sample and Independent Samples Test with significant level of 5% (0.05) of the results of SPSS count the results that came out sig. 0,000 so 0.000 <0.05. So we can conclude that increased media The declared effective for use on a class VIII student SLB Semarang on how plants make food

Keywords: the development, instructional video media, and RnD

Published
2016-08-18
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 79