PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SIKLUS HIDROLOGI BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SIDAYU KABUPATEN GRESIK

  • MARETA EKANAWATI

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SIKLUS HIDROLOGI BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SIDAYU KABUPATEN GRESIK

Mareta Ekanawati1), Alim Sumarno, S.Pd., M.Pd.2)

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Computer Assisted Instrution (CAI) pada mata pelajaran IPS materi siklus hidrologi yang layak dan efektif bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidayu Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan Model Research & Development (R&D) oleh sugiyono yang dalam pelaksanaannya hanya sampai tahap ke sembilan. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari tanggapan dan saran dari hasil wawancara ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. sedangkan data kuantitatif di dapatkan dari hasil wawancara ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran serta angket yang disebarkan kepada siswa.

Hasil uji validasi desain Media Computer Assisted Instruction (CAI) dari ahli materi memperoleh presentase 94,55% (sangat baik), ahli media dengan presentase 97,29% (Sangat baik), dan ahli pembelajaran dengan presentase 76,16% (baik). Kemudian hasil perhitungan angket uji coba perorangan memperoleh presentase 88,55% (sangat baik). Pada uji coba kelompok kecil memperoleh presentse 88,23% (sangat baik). Pada uji coba kelompok besar memperoleh presentase 86,58% (sangat baik).

Mengetahui keefektifan Media Computer Assisted Instruction (CAI) digunakan pre-test dan post-test yang kemudian dianalisis datanya menggunakan uji t. Pada hasil uji t diperoleh thitung = 18,38 > ttabel = 2,069 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Dengan demikian hasil pre-test dan post-test tersebut dinyatakan signifikan dan efektif untuk pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Media Computer Assisted Instrution (CAI), Siklus Hidrologi

Abstract

This study aims to generate media Computer Assisted instruction (CAI) in social studies materials hydrological cycle is feasible and effective for the students of class VII Junior High School 2 Sidayu Gresik. This study uses a model of Research & Development (R & D) by Sugiyono which in practice only to a point to nine. The type of data that is obtained in the form of qualitative and quantitative data. The qualitative data obtained from the feedback and suggestions from the interview subject matter experts, media experts and learning experts. while the quantitative data obtained from the interview subject matter experts, media experts and learning experts and a questionnaire distributed to students.

The results Design validation Media Computer Assisted Instruction (CAI) from subject matter experts earn a percentage of 94.55% (excellent), media expert with a percentage of 97.29% (excellent), and learning experts with a percentage of 76.16% (good) , Then calculation results questionnaire individual testing obtained the percentage of 88.55% (excellent). calculation results the small group trial with percentage 88.23% (excellent). calculation results the large group trial with percentage of 86.58% (excellent).

Determine the effectiveness of Media Computer Assisted Instruction (CAI) used pre-test and post-test then data analysis using the t test. In the test results obtained t arithmetic = 18.38 > t table = 2.069 with significance level of 5%. So the pre-test and post-test is deemed significant and effective for learning.

Keywords :Development, Computer Assisted Instruction (CAI), Hydrological Cycle

Published
2016-08-18
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 37