PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATERI CHAPTER 10 ATTENTION PLEASE ! PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII-A DI SMPN 22 SURABAYA

  • Fristia Nandera Sari

Abstract

Abstrak

Penelitian di kelas VII-A SMP Negeri 22 Surabaya dilatarbelakangi karena permasalahan belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi Chapter 10 Attention Please!, yakni kurangnya pemahaman siswa terhadap materi tersebut yang dikarenakan oleh metode guru yang bertumpu hanya pada buku teks saja dan pembelajaran dengan metode ceramah. Berdasar pada hal diatas maka diperlukan adanya pengembangan media CAI yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang diperlukan untuk mengatasi masalah belajar yang dihadapi.

Pengembangan Media CAI yang menggunakan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop and Evaluate) oleh Ivers dan Baron. Pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap yaitu validasi ahli materi dan ahli media, uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket, dantes. Teknik analisis data menggunakan teknik PSA dan PSP untuk instrumen angket siswa, kemudian untuk instrumen tes menggunakan rumus Uji T-Tes.

Hasil uji validasi kelayakan media CAI berdasarkan hasil perhitungan wawancara ahli materi adalah 87% (layak), hasil perhitungan wawancara ahli media adalah 100% (layak), Untuk data perolehan uji t nilai dari pretest dan postest kelas ekperimen dan kontrol maka diperoleh bahwa besar thitung = 4,305> ttabel = 2,000 yang dapat disimpulkan maka dapat disimpulkan penggunaan media CAI di kelas eksperimen membedakan hasil belajar dengan kelas kontrol dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelas controlsehingga dapat dikatakan bahwa media yang diujicobakan efektif.

Kata kunci: Pengembangan Media, CAI, Bahasa Inggris, Attention Please, SMP

Abstract

Research in class VII-A SMP Negeri 22 Surabaya background for learning problems in teaching English in the materials Chapter 10 Attention Please !, namely the lack of student understanding of the material that is caused by gru method that relies only on textbooks alone and learning methods lecture. Based on the above it is necessary to the development of a viable media CAI and effectively to improve student learning outcomes required to overcome learning problems encountered.

 

Development Media CAI development model DDD-E (Decide, Design, Develop and Evaluate) by Ivers and Baron. Implementation of the trials conducted several stages of validation material experts and media expert, individual trials, piloting a small group, and large group trial. Methods of data collection using structured interviews, questionnaires, and tests. Analysis using PSA techniques and PSP for the student questionnaire instrument, then to the test instrument using the formula Test T-Test.

 

Test results validate the feasibility media CAI based on calculations expert interview material was 87% (feasible), the calculation results interview media expert is 100% (decent), to the data acquisition t test values ​​of pretest and posttest grade experimental and control then obtain that the thitung = 4.305 > table = 2.000 to conclude it can be concluded the use of media CAI in the experimental class differentiate learning outcomes with control class where learning outcomes experimental class is higher than the results of classroom learning control so it can be said that the media which have been tested effectively.

 

Keywords: Media Development, CAI, English, Attention Please, Junior High School

Published
2016-08-18
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 36