PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII SMP NEGERI 28 SURABAYA

  • Yoga Indra Permana

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara di SMP Negeri 28 Surabaya, strategi pembelajaran yang digunakan adalah diskusi, ceramah, tanya jawab dan penugasan. Media yang digunakan buku paket. Materi dengan karakteristik proses yang harus diamati seperti materi kalor, tidak ada media yang aman untuk dijelaskan di dalam kelas. Sehingga hasil belajar siswa berada tidak jauh dari KKM. Dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak dan efektif pada materi kalor dan perpindahannya untuk siswa kelas VIISMPN 28 Surabaya

Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan multimedia interaktif pada ahli materi I dan II didapatkan katagori sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Uji coba perorangan 93,3% termasuk dalam katagori sangat baik, uji coba kelompok kecil 83% termasuk dalam katagori sangat baik, sedangkan uji coba lapangan 92,3% termasuk dalam katagori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif, pengembang menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5%, maka didapat d.b = N-1 = 20-1 = 19. Dalam tabel uji-t didapatkan ttabel 2,120. Ternyata thitung lebih besar dari thitung 11,08 > ttabel 2,120, sehingga terjadi perbedaan signifikan antara rata-rata pre-test dan post-test. Maka media yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D di SMPN 28 Surabaya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi kalor dan perpindahnnya.

Kata kunci : Multimedia, interaktif, , Ilmu Pengetahuan Alam, kalor

Abstract

Based on the interview in SMP Negeri 28 Surabaya, learning strategies used are discussions, lectures, discussion and assignments. Media used textbooks. The material with the characteristics of the process that should be observed as the material expansion, no media is safe to be explained in the classroom. Based on these problems, the study aims to produce interactive multimedia which is suitable and effective in Expansion material for students of class VII SMPN 28 Surabaya.

This type of research is the research of development.Based on the analysis, the results of due diligence on the interactive multimedia material expert category I and II obtained very good. Media expert I and II obtained excellent results. Individual testing 93.3% included in the category of a very good, small group trial 83% included in the category of excellent, while 92.3% field trials included in the category very well. It can be concluded that the interactive multimedia on the subjects of Natural Sciences declared eligible for use in the learning process. As for knowing the effectiveness of interactive multimedia, developers use distribution table t-test with significance level of 5%, then obtained d.b = N-1 = 20-1 = 19. In the t-test table obtained ttabel 2,120. Turns thitung greater than thitung 11.08> ttable 2,120, resulting in a significant difference between the average pre-test and post-test. Then the media developed has been effective in improving learning outcomes of students of class VII D in SMPN 28 Surabaya on the subjects of Natural Sciences and perpindahnnya calorific material.

Keywords: Multimedia, interactive, Natural Sciences, heat

Published
2016-08-18
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 33