PENGEMBANGAN MEDIA TUTORIAL BERBASIS KOMPUTER KOMPETENSI DASAR MENGGOLONGKAN SENYAWA HIDROKARBON BERDASARKAN STRUKTUR DAN HUBUNGAN DENGAN SIFAT SENYAWA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X DI SMAN 1 SUMBERREJO

  • ANITA ERLINA SAFITRI

Abstract

Abstrak

Pengembangan Media Tutorial Berbasis Komputer Kompetensi Dasar Menggolongkan Senyawa Hidrokarbon Berdasarkan Struktur Dan Hubungan Dengan Sifat Senyawa Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di SMAN 1 Sumberrejo ini menggunakan model pengembangan DDD-E yang pengujiannya menggunakan desain uji coba Dick and Carey sebagai acuan. Dikarenakan di dalam model DDD-E terdapat langkah-langkah yang lebih sistematis dan tepat yang diakuratkan dengan uji coba arief sadiman. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang layak, efektif dan untuk memfasilitasi belajar siswa. Dalam pelaksanaan dilakukan beberapa tahapan, yakni ; review dengan para ahli materi, media dan pembelajaran, kemudian di uji cobakan kepada siswa dalam bentuk perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Pengumpulan data menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan PSA(prosentase Setiap Aspek) dan PSP(prosentase Setiap Program). Sedangkan data eksperimen di hitung menggunakan rumus post-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data wawancara Ahli Materi diperoleh perhitungan nilai sebesar 100 termasuk dalam kategori (baik sekali). Dan Ahli Media perhitungan nilai sebesar 100 termasuk dalam kategori (baik sekali). Sedangkan hasil angket uji coba produk kepada siswa kelas X SMAN 1 Sumberrejo hasil presentase uji coba perorangan 97,22 (baik sekali), hasil presentase uji coba kelompok kecil 96,93 (baik sekali), serta hasil presentase pada uji coba kelompok besar 96,62 (baik sekali). Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Tutorial Berbasis Komputer ini dikategorikan baik sekali dan layak digunakan. Dari hasil analisis data hasil test pembelajaran menggunakan media Tutorial Berbasis Komputer terdapat perbedaan yang signifikan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media Tutorial Berbasis Komputer. Ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai data hasil test nilai t hitung = 10,65. Dari hasil perhitungan d.b = N-1 = 32-1 = 31 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t0,05 harga t tabel = 1,69. t hitung lebih besar dari pada tabel t tabel dengan perbandingan angka t hitung = 10,65 > t tabel = 1,69. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Tutorial Berbasis Komputer efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi Senyawa Hidrokarbon di kelas X SMAN 1 Sumberrejo.

Kata kunci: Pengembangan, Tutorial Berbasis Komputer, Senyawa Hidrokarbon.

Abstract

This development of Computer Assisted Instruction (CAI) media Tutorial type at Productive Multimedia lesson, with basic competency is to explain animation’s requisite for XII multimedia major class student in Vocational High School 1 Kalitengah process use DDD-E model, in which the test is use Arief Sadiman’s tryout design as references. This development aims to produce feasible and effective instructional media, and to fasilitate student’s learning process. As implementation, there are some steps that has been realized, that is : review with material, media expert, learning expert, then it is tested to students in formed of individual, small group, and the larger group. Data collecting process use questionnaire. Then it is been analyzed with PSA (Precentage for Each Aspect) and PSP (Precentage for Each Program). Whereas experimen data is analyzed useing pre-test and post-test. Based on the analysis of data obtained Matter Expert interviews calculating the value of 100 included in the category (excellent). Expert Media calculating the value of 100 included in the category (excellent). While the results of product testing questionnaire to students of grade X SMAN 1 Sumberrejo percentage results individual testing 97.22 (excellent), the percentage of small group trial 96.93 (excellent), as well as the percentage results in a large group trial 96, 62 (excellent). With the results obtained, we can conclude that the media Computer-Based Tutorial is categorized very well and fit for use. Data analysis test results of learning using Computer-Based Tutorial media there are significant differences by learning that do not use the Computer-Based Tutorial media. This can be evidenced by the acquisition value of test result data value t = 10.65. From the calculation d.b = N-1 = 32-1 = 31 (consulted with the table value of t) with a value price t0,05 t table = 1.69. t is greater than t table with a comparison table number t = 10.65> t table = 1.69. It can be concluded that the Computer-Based Tutorial effective in improving learning outcomes in the classroom material hydrocarbon compounds X SMAN 1 Sumberrejo.

Keywords: Development, Computer-Based Tutorial, Compound Hydrocarbons.

Published
2016-08-18
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 98