PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF MATERI TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI BAGI SISWA KELAS X MULRIMEDIA DI SMK RADEN PATAH

Authors

  • QORIATUL KHUSNA

Abstract

Abstrak

Teknologi Pendidikan hadir untuk memecahkan masalah belajar. Dari penelitian di SMK Raden Patah Mojokerto terdapat suatu permasalahan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Produktif materi Teknik Pengambilan Gambar. Dimana peserta didik kesulitan untuk memahami istilah-istilah yang ada dalam materi tersebut. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya nilai peserta didika yang dibawah SKM (22 dari 33 siswa). Selain itu terbatasnya waktu yang diberikan oleh sekolah untuk materi Teknik Pengambilan Gambar. Tujuan dari pengembangan media CAI ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media CAI yang layak dan efektif untuk mata pelajaran produktif materi Teknik Pengambilan Gambar. Spesifikasi produk yang dikembangkan yakni Media CAI yang dikemas dalam CD, Bahan Penyerta yang berisi petunjuk penggunaan dan cara perawatan media, serta Perangkat Pembelajaran yang berisi Silabus dan RPP yang bermedia tentang Teknik Pengambilan Gambar.

Dalam mengembangkan Media CAI (Computer Assisted Instruction) ini peneliti mengembangkan sesuai dengan model pengembangan R&D (Research and Development). Yang memiliki beberapa tahapan yang prosedural. Subjek yang dalam penelitian ini yakni 2 ahli materi, 2 ahli media dan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data dari wawancara dan angket yakni dengan menggunakan . Untuk teknik analisis data Tes menggunakan uji t.

Dari hasil wawancara ahli materi 1 yakni 86% dan ahli materi 2 80%. Ahli media 1 yakni 86% dan ahli media 2 96%, serta hasil angket siswa uji coba perseorangan yakni 84%, hasil uji coba kelompok kecil yakni 86%, dan uji coba kelompok besar 89%,. Berdasarkan dari hasil perhitungan dengan uji t hasil rata-rata posttest yakni 81,06 lebih tinggi dibandingkan dengan pretest yakni 62,58. Selain itu berdasarkan pengujian taraf signifikan 5% db = 33-1 = 32, sehingga diperoleh ttabel 2,037. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu 11,7258 > 2,037.

Berdasarkan hasil dari ahli materi dan ahli media, uji coba perseorangan, kelompok kecil dan kelompok besar media yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dan berdasarkan Hasil Uji T dapat diimpulkan bahwa media yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, CAI, R&D, kelayakan, efektifitas, Teknik Pengambilan Gambar.

 

Abstract

Education Technology exists to solve learning problems. From studies in vocational Raden Patah Mojokerto there is a problem in the learning process in the subject matter of Productive Techniques Shooting. Where learners difficulty understanding the terms contained in such materials. It can be seen from the number of participants didika value is below the SKM (22 of 33 students). Besides the limited time given by the school for Shooting Techniques material. The aim of developing CAI media is to produce a media product CAI viable and effective for subjects Shooting Techniques material productive. Specifications developed product that is packaged in the CAI Media CD, accompanying materials containing Manual and the way medical care, as well as Learning Tool containing syllabus and lesson plans that bermedia about Techniques Shooting.

In developing the Media CAI (Computer Assisted Instruction) The researchers developed according to the model of the development of R & D (Research and Development). Which has several procedural stages. Subjects in this study the two subject matter experts, two media experts and students. Data collection instruments used in this study were interviews, questionnaires and tests. Mechanical analysis of data from the interviews and questionnaires namely by using p = (score answers respponden) / (n x ideal maximum score) x 100%. For engineering test data analysis using the t test.

From interviews with subject matter experts 1 ie 86% and 80% second matter experts. 1 media experts ie 86% and 96% 2 media experts, as well as the results of an individual student questionnaire test that is 84%, the test results that 86% of small group and large group trial 89% ,. Based on the results of calculations by t test average yield of 81.06 posttest ie higher than the pretest 62.58. Also based on the testing of a significant level of 5% db = 33-1 = 32, in order to obtain ttabel 2.037. So thitung greater than ttable ie 11.7258> 2.037.

Based on the results of subject matter experts and media experts, testing of individual, small group and large group media which developed into the category of very feasible for use in the learning process. And based on T-test results can be concluded that the media developed effectively used in the learning process.

Keywords: Development, CAI, R & D, feasibility, effectiveness, Mechanical Shooting.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-18
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 17