PENGEMBANGAN MEDIA MODUL CETAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN MATERI KREDIT UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN AKUTANSI DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • Alif Naufal

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA MODUL CETAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN MATERI KREDIT UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN AKUTANSI DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

Keterbatasan media dikelas membuat kegiatan belajar mengajar kurang efektif dan berdampak pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di sekolah SMK Negeri 10 Surabaya, pada mata pelajaran Dasar-dasar Perbankan di kelas X jurusan Akutansi. Media yang digunakan oleh Guru ketika di dalam kelas adalah dengan menggunakan projector dan slide. Namun slide yang disediakan oleh guru belum mampu meningkatkan pemahaman siswa terutama pada materi Kredit. Dari data dan informasi yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa untuk mencapai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Perbankan. Nilai siswa yang diperoleh, materi Kredit pada kompetensi dasar Menjelaskan pengertian, unsur-unsur, tujuan, fungsi, dan jenis-jenis kredit belum dikuasai oleh siswa secara menyeluruh di kelas X SMK Negeri 10 Surabaya..Hasil belajar yang rendah dikarenakan terbatasnya media yang digunakan.

Berdasarkan latar belakang masalahdiatas, maka diperoleh rumusan masalah dan tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa modul yang layak dan efektif untuk siswa kelas x jurusan akutansi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan materi Kredit di SMK Negeri 10 Surabaya.

Media modul ini dapat menjadi salah satu media dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu penggunaan media modul ini dapat membedakan hasil belajar kelas yang menggunakan moduldengan kelas yang tidak menggunakan media modul.

Model pengembangan yang digunakan adalah R&D (Research and Development) yang dalam pelaksanaannya hanya sampai tahap ke-9. Pada penelitian ini subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari tanggapan dan saran dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media serta angket yang disebarkan kepada siswa.

Hasil uji validasi desain media modul dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 76,25 % yang dikategorikan baik, sedangkan dari ahli media memperoleh presentase sebesar 78,84 %yang dikategorikan baik. Hasil dari uji coba produk pada uji perseorangan diperoleh presentase sebesar 84,72 %yang dikategorikan sangat baik, pada uji coba kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 86,57 %yang dikategorikan sangat baik, dan pada uji coba kelompok besar diperoleh presentase sebesar 87,65 % yang dikategorikan sangat baik.

Untuk mengetahui keefektifan media modul digunakan pre-test dan post-test yang kemudian dianalisis datanya menggunakan uji-t. Nilai post-test lebih tinggi dari pada pretest yaitu 85,92593 > 57,77778. Berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifkan 5% d.f. =27-1 = 26, sehingga di peroleh t tabel = 1,70 sedangkan t hitung 4,96. Sehingga t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,96 >1,70 sehingga media Modul dapat dikatakan secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

ABSTRACT

MODULE PRINT DEVELOPMENT TO IMPROVE GRADE MARKS ON CREDIT MATERIAL IN THE BASICS OF BANKING SUBJECT FOR GRADE X ACCOUNTING MAJOR STUDENTS IN SMK NEGERI 10 SURABAYA

The limited media inside the classroom causes the teaching-learning activity become less-effective and it impacts on the students’ grade-mark. Based on the observation result that is done by the researcher in SMK Negeri 10 Surabaya on The Basics of Banking Subject for grade X students in Accounting Major, the teacher uses projector and slides as the media to teach. However, the provided slides by the teacher are still unable to improve students’ comprehension especially in Credit Material. From the data and information obtained by the researcher, shows that in order to reach maximum grade-marks, the students need to fully understand the subject first and it is also supported by proper facilities. The Basics of Banking Subject, especially in Credit Material, explains definition, elements, aim, function, and types of credit, and those materials are not fully understood by the students. Thus, the obtained grade-marks are still below the average. It is also caused by the limited media used by the teacher in learning process.

The use of Module as learning-media can be the tool to improve students’ understanding toward the materials in order to maximize students’ grad-marks. Besides, the use of Module can differentiate the class grade-marks for those who used it and those who are not.

The development model used is R&D (Research and Development) in which within its implementation is only reach 9th stage. The subjects of this research consist of two class, which are experimental class and control class. The obtained data from research result are qualitative and quantitative data. The qualitative data is obtained from responses and suggestions from interview result with material expert and media expert. While the quantitative data is obtained from the interview result with material expert and media expert and the spread questionnaire to the students.

The test result of module media design validation from the material expert obtains 76.25% which categorized as good, while from the media expert is 78.84% which categorized as good. The result of product testing toward personal test obtains 84.72% which categorized as very good, from the small group testing is 86.57% which categorized as very good, and from the large group is 87.65% which categorized as very good.

In order to know the effectiveness of module media is used pre-test and post-test which then the data is analyzed using T-test. The post-test value is higher than pre-test, which is 85.92593 > 57.77778. Based on the test using significant standard 5% d.f. = 27-1 = 26, so that is obtained T table = 1.70 while counted T 4.96. The counted T is higher than T table, which is 4.96 > 1.70, which means that module media can be said as significantly improving students’ grade-marks.

Published
2016-08-18
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 23